DUNIA

Sabtu, 15 Juli 2017 | 11:55 WIB

Puluhan Mobil Sitaan ISIS Dipamerkan di Baghdad

Didi Prambadi
Puluhan Mobil Sitaan ISIS Dipamerkan di Baghdad
Mobil ISIS yang digunakan untuk melancarkan aksi bom bunuh diri selama di Irak (Foto: Mirror)


INILAHCOM, Baghdad - Pemerintah Irak memamerkan 23 mobil yang digunakan kelompok militan ISIS untuk melancarkan aksi bom bunuh diri selama kelompok itu berada di Irak.

Business Insider melaporkan, puluhan mobil itu dipamerkan kepada wartawan Jumat (14/7/2017). Hampir seluruh mobil yang digunakan adalah kendaraan umum merk Kia bikinan Korea Selatan yang dimodifikasi dan dilapisi dengan baja anti peluru. Banyak di antaranya dicat warna biru, warna yang digunakan Kepolisian Pusat Irak, untuk mengelabuhi pesawat terbang Irak dan AS yang hendak mengebom mereka.



Para pahlawan Divisi Cepat Darurat dan Jajaran Kepolisian Pusat Irak, berhasil menyita kendaraan ini dalam penyerbuan tengah malam, kata Bassam Hillo Kadhim, Kepala Kepolisian Irak. Salah satu kendaraan yang menyita perhatian wartawan adalah sebuah tank Turret, lengkap dengan meriam, ditempatkan di sebuah truk peti kemas.


Petugas kepolisian menilai, truk itu dirancang untuk menembak pesawat udara dan tentara Irak dari jarak jauh. Para pejabat AS menyebut ke-23 kendaraan itu sebagai Kendaraan Peninggalan Mad Max, menyitir film Mad Max yang menang piala Oscar tahun lalu.

Awal tahun ini, seorang pejabat AS menjelaskan, kelompok militan ISIS tampaknya memaksa para bocah dan warga Irak yang cacat tubuh untuk mengendarai bom mobil. Hal itu menunjukkan indikasi bahwa kelompok teroris itu sudah tidak punya sopir truk yang mau melakukan bom bunuh diri, kata pejabat tersebut.

Hingga Jumat kemarin, pasukan Irak masih melakukan penyerangan di sejumlah lokasi. Hasil rekaman video menunjukkan helikopter Irak masih berkeliling menunjukkan misinya di atas Kota Mosul. Rekaman video itu memperlihatkan pula serangan balasan yang dilakukan tentara Irak dan penyiksaan gerombolan ISIS yang tertangkap selama perebutan kembali Mosul. Pemerintah Irak berniat menghancurkan ke-23 kendaraan tersebut, dan pemerintah AS mengusulkan bantuan tambahan sebesar $ 119 juta untuk bantuan kemanusiaan Irak.
#isis #irak #baghdad
BERITA TERKAIT
Pasukan Suriah Rebut Ladang Minyak ISIS
Inilah Pengakuan Perempuan WNI di Markas ISIS
Pejabat Kurdi Yakin Al-Baghdadi Masih Hidup
Keluarga Militan ISIS Kini Terancam di Mosul
Bom Mobil Meledak di Idlib, 12 Orang Tewas
Polisi Turki Tewaskan 5 Petempur ISIS
PM Irak Resmi Umumkan Mosul Bebas dari ISIS

ke atas