GAYA HIDUP

Sabtu, 15 Juli 2017 | 13:45 WIB

Atasi Asam Lambung Tinggi Saat Hamil

Mia Umi Kartikawati
Atasi Asam Lambung Tinggi Saat Hamil
(Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Gangguan lambung kerap melanda para ibu hamil. Pada awal kehamilan, asam lambung pada ibu hamil kerap tinggi. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr. Ulul Albab, SpOG di acara Kalbe, BKKBN, Jakarta, Sabtu (15/07/2017). Ada beberapa cara untuk mengatasi gangguan lambung. Biasanya, para ibu hamil mengalami mual dan muntah sejak awal kehamilan. Ini kerap terjadi karena perubahan hormon dan tingginya tingkat asam lambung.



Tidak jarang, para ibu hamil merasakan hal ini karena sebelum kehamilan sudah memiliki riwayat penyakit lambung.


"Medifikasi gaya hidup dan diet sangat baik. Lebih baik lagi jika Anda. Konsultasi ahli gastronomi. Kalau pasien sudah memiliki masalah pada lambungnya, ini lebih baik konsumsi obat yang sesuai," kata Ulul.

Untuk menghindari tingginya asam lambung, ibu hamil bisa berbaring atau terlentang setelah makan. Hindari makanan yang meningkatkan asam lambung sepertin teh dan lainnya. Lebih baik konsumsi air mineral.

"Jika ingin konsumsi obat, antasida adalah obat yang paling aman untuk ibu hamil saat dia muntah. Antadisa adalah obat bebas. Ini bisa digunakan tanpa resep dokter. Karena dia obat bebas keamanan tidak membahayakan. Dia ada label hijaunya. Ini bisa ditebus dengan tanpa resep dokter," paparnya.(tka)
#asam #lambung #hamil
BERITA TERKAIT
(Waspada) Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Risiko Pada Janin
Sayuran Hijau Dapat Timbulkan Asam Urat?
Ini yang Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi
Cara Ketahui Kandungan Zat Besi Cukup Pada Bumil
Bahaya Kurang Zat Besi untuk Ibu Hamil
Akibat Ibu Hamil Konsumsi Minuman Manis Bersoda
Ibu Hamil Konsumsi Nanas Berisiko Keguguran?

ke atas