NASIONAL

Senin, 17 Juli 2017 | 13:53 WIB

Jokowi Panggil Sejumlah Menteri, Reshuffle Kah?

Ray Muhammad
Jokowi Panggil Sejumlah Menteri, Reshuffle Kah?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan agenda internal di Istana Merdeka, Jakarta Pusat sejak pagi hingga siang hari ini, Senin (17/7/2017).

Berdasarkan informasi, sepanjang hari ini Jokowi memanggil beberapa menteri untuk melakukan pertemuan secara tertutup.



Pemanggilan menteri ini diduga merupakan langkah evaluasi Kepala Negara kepada jajaran menterinya sebelum melakukan perombakan kabinet.

Pasalnya, selama ini Jokowi kerap memanggil menteri-menterinya terlebih dahulu hingga akhirnya mengumumkan kepada publik bahwa dirinya melakukan penyegaran di kabinetnya.


Dikonfirmasi mengenai hal ini, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi menampik bahwa kehadiran para menteri Jokowi ke Istana bukan dalam rangka evaluasi kabinet, melainkan pertemuan Tim Penilai Akhir (TPA).

"Agenda yang saya terima nanti ada TPA jam 14.00 WIB kalau enggak salah. TPA itu tim penilai akhir, biasanya untuk memilih eselon I," ujar Johan di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, saat ditanya soal kemungkinan Jokowi akan merombak kabinetnya pada pekan ini, Johan mengaku hingga saat ini belum dapat memastikannya.

"Kalau dilihat dari jawaban pekan lalu, sudah ditanya teman-teman dan jawaban Presiden adalah sampai hari ini, artinya pekan lalu tidak ada reshuffle kabinet. Kalau pekan ini bagaimana? Gitu kan, pertanyaannya. Kalau pekan ini, kita tunggu sampai pekan ini. Kalau pekan ini habis, pekan depan," tandasnya.

Adapun para menteri yang diketahui dipanggil Jokowi hari ini antara lain Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menpora Imama Nahrawi, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menkopolhukam Wiranto dan Menkumham Yasonna Laoly. [fad]
#ReshuffleJilidIII
BERITA TERKAIT
Diminta Warga, TNI Gelar Nobar G30S/PKI di Maluku
Pilgub Jateng, Gerindra Pedekate ke Warga
Cabul ke Murid, Guru Marawis Ditangkap Polisi
SBY Nilai Kesenjangan Sosial Indonesia Kian Lebar
Suap Walikota Cilegon, KPK Geledah Kantor PT KIEC
Ada Polisi Ditusuk, Polda Bali Gelar Razia Miras
Hasil Survei Deddy Mizwar Tinggalkan Ridwan Kamil

ke atas