EKONOMI

Senin, 17 Juli 2017 | 14:58 WIB

Target Naik, Kemenkeu Kian Gencar Kejar WP

M Fadil Djailani
Target Naik, Kemenkeu Kian Gencar Kejar WP
Dirjend Pajak, Ken Dwijugiasteadi (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Dirjend Pajak harus extra effort dalam melakukan peningkatan penerimaan pajak pada tahun ini. Caranya dengan gencar mengincar para Wajib Pajak (WP) yang tidak ikut program Tax Amnesty (TA) beberapa waktu lalu.

"Iya, yang enggak ikut (TA) dan kita punya data konkrit, namun demikian apabila yang ikut juga masih ada, hartanya belum semua dilaporin, diimbau untuk dibetulin," kata Dirjend Pajak, Ken Dwijugiasteadi saat ditemui di Gedung DPR, Senin (17/7/2017).



Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menambah target penerimaan pajak non-migas sebesar Rp20 triliun dalam postur sementara rancangan pendapatan dan belanja negara perubahan (RAPBN-P) 2017, sehingga menjadi
Rp1.241,7 triliun.

Maka dari itu Ken menambahkan pihaknya akan lebih memaksimalkan lagi proses pemeriksaan bagi para WP yang tidak ikut tax amnesty. "Untuk 2016 ke atas, 2015 ke bawah sama sekali tidak ada yang diperiksa, 2015 ke bawah itu untuk yang tidak ikut tax amensty akan kita periksa," katanya.


"Yang diperiksa karena tidak ikut tax amnesty itu iya, karena kita punya datanya, tapi yang ikut enggak. 2015 ke bawah yang ikut tax amensty enggak mungkin diperiksa," tambahnya.

Menkeu Sri Mulyani sudah meningkatkan target penerimaan pajak nonmigas sebesar Rp20 triliun dalam postur sementara rancangan pendapatan dan belanja negara perubahan (RAPBN-P) 2017.

Tambahan itu dilakukan Sri Mulyani setelah pemerintah melalui panitia kerja (Panja) A melakukan pembahasan dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR yang menyepakati penurunan target pajak nonmigas Rp50 triliun, yang sebelumnya diusulkan pemerintah dalam nota keuangan RAPBN-P 2017.

Rencananya, angka Rp20 triliun itu akan dipenuhi dari upaya ekstra (extra effort) yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu). Khususnya, melalui penagihan hingga paksa badan (gijzeling).

Dengan demikian, dalam postur sementara RAPBN-P 2017, target penerimaan pajak nonmigas saja dipatok sebesar Rp 1.241,8 triliun. Jumlah itu lebih rendah Rp30 triliun dari target dalam APBN dan lebih rendah Rp20 triliun dari usulan dalam nota keuangan RAPBN-P 2017. [hid]
#aturanpajak #penerimaanpajak #menkeusmi #apbn-p2017
BERITA TERKAIT
Informasi Keuangan Bisa Deteksi Kepatuhan Pajak
Berburu Pajak, Sri Mulyani Terus Perbaiki Sistem
Kinerja Ekspor Bisa Topang PDB Tahun Ini
Menkeu Kecewa Ada Anak Buahnya Masih Gemar Korupsi
Pemprov Lampung Layani Bayar Pajak via ATM
Kantor Darmin Dapat Anggaran Rp533 M di 2018
Inilah Alasan Darmin Ogah Ada Tax Amnesty Jilid II

ke atas