NASIONAL

Senin, 17 Juli 2017 | 15:37 WIB

Paspor 85 Calhaj Jombang Bermasalah

Paspor 85 Calhaj Jombang Bermasalah
(Foto: Beritajatim)


INILAHCOM, Jombang - Sebanyak 85 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Jombang yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2017 mengantongi paspor bermasalah. Yakni, tidak ada kecocokan antara identitas CJH dengan paspor tersebut.

Semisal, huruf yang tertera dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk) tidak sama paspor milik CJH yang bersangkutan. "Hal itu kita temukan saat dilakukan validasi data CJH asal kota santri," kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Jombang, Nur Habib Adnan, Senin (17/7/2017).



Guna pembenahan, lanjut Nur Habib, sebanyak 85 CJH itu harus melengkapi dokumen Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat. Dengan begitu, kesalahan tersebut bisa dibenahi dan paspor tetap bisa digunakan untuk berangkat ke tanah suci.


Nur Habib merinci, selain kesalahan ejaan nama, kesalahan dokumen juga pada tanggal lahir. Dengan kata lain, yang tertera di paspor berbeda dengan yang ada di KTP.

"Ada juga kesalahan penulisan alamat. Namun semua sudah dilakukan pembenaran lewat BAP yang kita sediakan," katanya sembari menunjukkan data yang dimaksud.

Berapa jumlah CJH Jombang tahun ini? Nur Habib mengatakan, jumlah CJH Jombang 2017 sebanyak 1.283 orang.

Rinciannya, sebanyak 445 orang tergabung di kelompok terbang (kloter) 75, kemudian 445 orang di kloter 76, dan 395 berada di koter 77. "Seluruh jamaah diberangkatkan pada 23 Agustus 2017," pungkasnya.[beritajatim]
#haji
BERITA TERKAIT
Tercatat 19 Jemaah Haji Asal Jambi Meninggal Dunia
9.081 Paspor Korban First Travel Dikembalikan
Jemaah Haji Sumenep Meninggal di Hotel
2 Jamaah Haji Asal Kabupaten Mojokerto Meninggal
Lebih 25 Ribu Jemaah Haji Telah Kembali
Bawa Air Zamzam Berlebih, Ratusan Koper Dibongkar
12 Jemaah Haji Asal Sumbar-Bengkulu Meninggal

ke atas