METROPOLITAN

Senin, 17 Juli 2017 | 17:36 WIB

Jakarta Fair 2017 Tembus 6 Juta Pengunjung

Ivan Setyadi
Jakarta Fair 2017 Tembus 6 Juta Pengunjung
(Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)


INILAHCOM, Jakarta - Gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2017 yang telah berlangsung selama 39 hari, akhirnya ditutup pada Minggu,16 Juli. Penutupan Jakarta Fair (JF) ini ditandai dengan closing ceremony yang digelar di area panggung utama yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, dan Ketua Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran, Prajna Murdaya.

Acara penutupan ini pun dimeriahkan oleh pesta kembang api spektakuler hingga penampilan dari The Rain dan Sheila on 7.



Untuk tahun ini, pameran terlengkap dan terbesar se-Asia Tenggara ini berhasil menarik sebanyak 6 juta pengunjung.

"Sementara itu, nilai transaksi bisnis antara pengunjung dengan para peserta pameran Jakarta Fair tahun ini mencapai angka Rp 6,8 triliun," kata Prajna Murdaya, Senin (17/7/2017).

Adapun yang menjadi penyumbang transaksiterbesar untuk tahun ini berasal dari produk-produk otomotif (sepeda motor) serta aksesorisnya, yang disusul produk makanan dan minuman.

Dengan jumlah pengujung dan transaksi yang berhasil dicapai dari gelaran Jakarta Fair tersebut, hasil ini pun menunjukan bahwa Jakarta Fair Kemayoran pada tahun ini sukses mencapai target yang telah ditetapkan sejak awal.

"Tahun ini Jakarta Fair Kemayoran 2017 memiliki target jumlah pengunjung diatas 5,7 juta pengunjung dengan target transaksi bisnis diatas Rp 6,5 triliun," ungkapnya.


Tahun ini, jakarta Fair kemayoran digelar mulai 8 Juni 2017 dan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita pada 14 Juni lalu.

Pameran ini pun diikuti oleh sekitar 2.700 peserta pameran yang berasal dari berbagai skala usaha baik dari perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemeran provinsi dan kabupaten dari penjuru tanah air.

"Penyelenggaraan tahun ini pun merupakan yang ke-50 kalinya sejak pertama diselenggarakan tahun 1968. Event ini secara rutin diadakan setiap tahun tanpa pernah terputus," bebernya. Bahkan untuk tahun ini, penyelenggaran Jakarta Fair pun bertepatan dengan hari raya lebaran.

Hal ini menjadikan Jakarta Fair tak hanya menjadi event pameran semata, melainkan menjadi destinasi wisata libur lebaran masyarakat dari dalam dan luar DKI Jakarta.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, semarak 50 tahun Jakarta Fair Kemayoran 2017 diisi dengan berbagai konten acara yang lebih menarik seperti konser musik terbesar di panggung utama yang diikuti oleh lebih dari 100 musisi tanah air.

Selain itu, berbagai hiburan lainnya yang tak kalah seru seperti pesta kembang api spektakuler, parade karnaval JFK, cosplay contest, kontes abang-none cilik, hingga kontes kecantikan Miss Jakarta Fair.

"Hari terakhir penyelenggaraan Jakarta Fair yang ke-50 ini juga ditandai dengan pengundian grandprize 3 unit mobil dan 10 unit sepeda motor," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, panitia penyelenggara juga mengumumkan pemenang kontes stand pameran terbaik dan pemenang karnaval terbaik. [fad]
BERITA TERKAIT
Djarot Ingin Menaikkan TKD Pegawai Damkar DKI
Djarot: Jumlah Kebakaran di Jakarta Tertinggi
Cabuli 2 Anaknya, Sumadi Dibekuk Polisi
Djarot Tempatkan Mobil Pemadam di Kantor BIN
Sepanjang Hari Jakarta Diprediksi Cerah Berawan
Sebuah Rumah Dekat Kalibata City Dilahap Api
Pelaku Pembunuhan Dini Adalah Driver Ojek Online

ke atas