DUNIA

Senin, 17 Juli 2017 | 19:15 WIB

Pejabat Kurdi Yakin Al-Baghdadi Masih Hidup

Binar MP
Pejabat Kurdi Yakin Al-Baghdadi Masih Hidup
(Foto: jpost)


INILAHCOM, Sulaimania - Menurut seorang pejabat teras kontraintelijen Kurdi, berita kematian pemimpin kelompok Militan ISIS salah besar. Pasalnya, hari ini, Senin (17/7/2017), ia menyatakan bahwa pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi masih hidup.

Ia juga mengatakan bahawa saat ini al-Baghadadi sedang berada di selatan Kota Raqqa, Suriah. Padahal sebelum ini bos ISIS itu disebut-sebut telah mati.



"Baghdadi sudah pasti masih hidup. Dia tidak mati. Kami punya informasi bahwa dia masih hidup. Kami yakin 99 persen dia masih hidup," kata Lahur Talabany kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Jangan lupakan akar dia sewaktu bersama Al-Qaeda di Irak. Dia bersembunyi dari kejaran pasukan keamanan. Dia tahu apa yang dilakukannya."

Pemimpin ISIS ini berulang kali diberitakan telah tewas atau terluka sejak naik ke mimbar masjid Mosul pada 2014 untuk memproklamasikan khilafahnya.


Setelah memimpin petempur-petempurnya sampai Irak utara, Baghdadi berusaha mendirikan khilafah di era moderan yang membentang dari Irak sampai Suriah.

Dia kini menjadi buruan, tapi masih merupakan musuh yang licik, kata Talabany, yang sebagai bagian dari koalisi internasional anti-ISIS menjadi garis depan dalam usaha melacak keberadaan Baghdadi.

"Dia bukan sosok yang mudah. Dia bertahun-tahun punya pengalaman bersembunyi dan berkelit dari pihak keamanan," ujar Talabany.

"Wilayah yang mereka kuasai saat ini, sampai hari ini, adalah wilayah yang sangat keras. Ini masih bukan babak terakhir permainan untuk ISIS. Sekalipun mereka telah kehilangan hampir seluruh Mosul dan mereka bersiap untuk kehilangan juga Raqqa."

Pasukan Irak telah mengakhiri kekuasaan tiga tahun ISIS di Mosul, dan saat ini terus tertekan di Raqqa.

#kurdi #abubakaralbaghdadi #isis
BERITA TERKAIT
Pasukan Suriah Rebut Ladang Minyak ISIS
Inilah Pengakuan Perempuan WNI di Markas ISIS
Keluarga Militan ISIS Kini Terancam di Mosul
Puluhan Mobil Sitaan ISIS Dipamerkan di Baghdad
Bom Mobil Meledak di Idlib, 12 Orang Tewas
Polisi Turki Tewaskan 5 Petempur ISIS
PM Irak Resmi Umumkan Mosul Bebas dari ISIS

ke atas