DUNIA

Senin, 17 Juli 2017 | 19:30 WIB

Korut dan Korsel Akan Lakukan Pertemuan Pekan Ini

Binar MP
Korut dan Korsel Akan Lakukan Pertemuan Pekan Ini
(Foto: yonhapnews)
INILAHCOM, Seoul - Korea Selatan dan Korea Utara bakal segera melakukan pertemuan. Kabar itu disampaikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Choo-suk yang mengatakan negaranya akan berunding dengan Korea Utara di kawasan demiliterisasi.

"Kami meminta diskusi militer dengan Korea Utara pada 21 Juli di Tongilgak untuk menghentikan semua aktivitas yang bisa meningkatkan tensi di perbatasan zona militer," kata Choo-suk.

SeJika benar terlaksana. perundingan militer antara Pyongyang dan Seoul ini akan menjadi yang pertama kalinya sejak 2015 lalu. Setelah dialog dua tahun lalu itu, Korea Utara kerap melakukan uji coba rudal dan nuklir. Terakhir, Korut meluncurkan rudal antarbenua yang disebut bisa mencapai Alaska, Amerika Serikat.


Sementara itu, Tongilgak sendiri merupakan gedung di Korea Utara, tepatnya di Panmunjom. Tempat ini yang dipakai untuk berunding pada Desember 2015 itu.

Sebagai informasi, rencana diskusi militer ini dilakukan setelah sepekan Presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan ingin berdialog dengan Pyongyang. Dia menuturkan nuklir dan program misil negeri pimpinan Kim Jong-un itu membuat seluruh dunia khawatir, demikian dilansir dari Channel News Asia.

#koreaselatan #koreautara #korsel #korut
BERITA TERKAIT
China Kirim Utusan Temui Kim Jong Un
Korsel & China Sepakat Tangani Korut Secara Damai
Putra Mahkota Saudi: Khamenei Adalah 'Hitler Baru'
Bekas Jenderal Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup
Ratusan Juta Warga AS Bakal Serbu Ritel dan Amazon
Trump Ketahuan Terima Ribuan Pebinis dan Pejabat
AS: Myanmar Lakukan Pembersihan Etnis Rohingya

ke atas