PASAR MODAL

Senin, 17 Juli 2017 | 18:21 WIB

Neraca Perdagangan Kuatkan Rupiah ke Rp13.320

Neraca Perdagangan Kuatkan Rupiah ke Rp13.320
(Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, bergerak menguat sebesar 19 poin menjadi Rp13.320 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.339 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Kurs rupiah terapresiasi terhadap dolar AS seiring dengan respon positif pelaku pasar uang terhadap data neraca perdagangan Indonesia," kata analis Monex Investindo Futures, Faisyal di Jakarta, Senin.



Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat surplus neraca perdagangan pada Juni 2017 sebesar 1,63 miliar dolar AS. Secara kumulatif, neraca perdagangan Indonesia periode Januari-Juni 2017 mencapai 7,63 miliar dolar AS. Kinerja ekspor pada periode tersebut mencapai 79,96 miliar dolar AS dan impor sebesar 72,33 miliar dolar AS.

Faisyal menambahkan bahwa penguatan rupiah pada awal pekan ini (Senn, 17/7) juga seiring dengan data inflasi dan penjualan ritel Amerika Serikat yang hasilnya pesimistis. Data inflasi AS bulan Juni menunjukkan tidak adanya kenaikan, setelah turun 0,1 persen dari periode sebelumnya, hasil itu dianggap negatif karena pasar sebelumnya ekspektasikan untuk pertumbuhan 0,1 persen.


Sementara itu, lanjut dia, data penjualan ritel bulan Juni juga menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan yaitu turun 0,2 persen, lebih rendah dari periode sebelumnya, dan lebih rendah dari ekspektasi.

"Data ekonomi Amerika Serikat yang pesimis telah meredupkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS yang lebih cepat dari perkiraan pasar," katanya.

Sementara itu,ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa data ekonomi Amerika Serikat yang diluar perkiraan pasar juga turut membuat mata uang dolar AS cenderung mengalami tekanan terhadap mata uang di kawasan Asia.

Kendati demikian, lanjut Rangga Cipta, potensi penguatan rupiah ke depannya bisa tertahan jika bank sentral Eropa (ECB) kembali menegaskan pengurangan stimulus keuangannya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin (17/7) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat ke posisi Rp13.313 dibandingkan hari sebelumnya (Jumat, 14/7) Rp13.347 per dolar AS. [tar]
#rupiah #ariston tjendra
BERITA TERKAIT
Rupiah Terdongkrak Kenaikan Harga Minyak
Rupiah Unjuk Gigi di Tengah Pernyataan Hawkish Fed
Dolar AS Kesulitan Pertahankan Dominasinya
Bunga Fed (Mungkin) tak Naik, Rupiah Semringah
Rupiah masih Respons Positif Data-data ini
Analis Cemaskan Pelemahan Lanjutan Rupiah
Penguatan Rupiah Seharusnya Bertumpu 2 Hal Ini

ke atas