EKONOMI

Selasa, 18 Juli 2017 | 04:09 WIB

Gini Ratio Turun Tipis, Menko Darmin Akui Berat

M Fadil Djaelani
Gini Ratio Turun Tipis, Menko Darmin Akui Berat
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution mengakui, pemerintah terus berupaya menekan laju gini ratio atau angka ketimpangan sampai ke level yang terendah.

Hal tersebut dikatakan Darmin merespona laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat gini ratio per Maret 2017 sebesar 0,393. Hanya turun tipis 0,001 dibandingkan gini ratio September 2016 sebesar 0,394. "Apa namanya memang yang namanya pemerataan itu usaha yang tidak mudah," kata Darmin saat ditemui di Gedung DPR RI, Senin (17/7/2017).




Namun dirinya tetap bersyukur, bahwa laporan tersebut tidak menunjukan angka gini ratio yang memburuk. "Perubahan itu kalau terjadi itu kecil-kecil, bahwa dia tidak memburuk kita harus syukuri," katanya. Menurut Darmin, mengapa angka gini ratio hanya turun tipis, disinyalir adanya musim hujan yang terjadi antara periode September 2016 sampai Maret 2017 berperan cukup signifikan, lantaran telah menyebabkan sejumlah panen raya gagal.

"Februari itu masih hujan, tapi Maret itu sebenarnya sedikit, jadi enggak saya enggak merasa risau yang penting tidak naik, memang harus dibaca lebih teliti, saya tidak berani bilang persisnya apa saja, tapi itu boleh jadi ada kaitannya dengan harga komoditi pangan yang musim hujan banyak yang meningkat, tapi buat saya itu ya enggak naik," kata Darmin. [ipe]
#bps #giniratio #bps #menkodarmin
BERITA TERKAIT
Ekspor Minyak Nabati Sumut Capai US$2,126 Miliar
Darmin Siapkan Gerai UMKM Gratis di Rest Area
Ternyata, Indonesia Surganya Buah Asal Thailand
Agustus 2017 Ekspor Sumbar Naik 70,92%
Darmin Ramal Tren Positif Neraca Dagang Berlanjut
Agustus BPS Catat Surplus Neraca Dagang US$1,72 M
Bali Ekspor Ikan Paling Banyak ke AS

ke atas