GAYA HIDUP

Senin, 31 Juli 2017 | 20:30 WIB

Alasan Anak Harus Diberi Makanan Pendamping ASI

Mia Umi Kartikawati
Alasan Anak Harus Diberi Makanan Pendamping ASI
(Foto: Ilustrasi)


INILAHCOM, Jakarta - Air Susu Ibu (ASI) yang diberikan hingga 6 bulan ternyata tidak cukup lagi untuk buah hati Anda. Mengapa demikian?

Menurut Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Dokter spesialis anaksub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik, komposisi gizi dan vitamin dalam ASI semakin lama semakin berkurang. Karena itu, para ibu wajib memberikan makanan pendamping ASI pada usia anak memasuki enam bulan.



"Apa yang kurang ya harus dilengkapi dengan makanan pendamping ASI. Kalau 9 bulan makin banyak yang kurang tidak ada zat besinya. Pemecahan masalahnya adalah makanan pendamping ASI harus diberikan tepat pada waktunya," papar Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Dokter spesialis anaksub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik saat ditemui di acara Philips Avent, Jakarta, Senin (31/07/2017).


Kemudian, kandungan nutrisi yang cukup, baik makro maupun mikro harus seimbang, aman, dan diberikan dengan cara yang benar," tambahnya.

Kandungan gizi yang baik untuk anak adalah terletak pada hati ayam. Ini juga bisa dikomninasikan dengan karbohidrat seperti tepung beras, nasi, kentang, dan sebagainya.

"Yang jelas jangan malas mengenalkan makanan pada anak. Pada dasarnya anak sudah merasakan segala macam makanan yang dikonsumsi oleh ibu dari dalam kandungan melalui air ketuban," ungkapnya.(tka)
#ASI #anak #makanan #pendamping
BERITA TERKAIT
Hati-hati Sering Mengkonsumsi Ikan Asin
Tips Menangani Diare pada Anak di Rumah
Regulator Obat dan Makanan di Turki Dukung BPOM RI
Temuan Obat Ilegal Capai Puluhan Juta Butir
Obat PCC Ilegal, Tak Boleh Dikonsumsi Siapapun
#GerakanBebasKatarak Gelar Operasi Katarak Gratis
Xiao International Culture Week Digelar di Jakarta

ke atas