METROPOLITAN

Selasa, 01 Agustus 2017 | 15:50 WIB

Djarot: Trotoar Harus Dikembalikan ke Fungsinya

Ivan Setyadi
Djarot: Trotoar Harus Dikembalikan ke Fungsinya
Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat (Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat bakal menjadikan Bulan Tertib Trotoar sebagai gerakan kemerdekaan untuk pejalan kaki.

Selama satu bula penuh, Pemprov bakal merazia trotoar-trotoar di Jakarta dari selain peruntukkannya. Seperti parkir dan tempat melintas motor, sampai pedagang kaki lima.

"Makanya masyarakat harus tahu bahwa kita benar-benar (ingin kembalikan fungsi trotoar). Sebagai bulan kemerdekaan, maka trotoar harus dikembalikan fungsinya ya," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (1/8/2017).


Djarot menegaskan pelanggar akan ditindak tegas. Untuk pedagang yang masih nekat dagang di trotoar bisa kena tindak pidana ringan. Sedangkan untuk pengendara motor yang lewat trotoar bisa kena tilang dari pihak kepolisian.

"Ya kalau kami gampang lah. Penindakannya ya tetep sama sesuai dengan aturan yang ada, ada perdanya. Kemudian kita koordinasi sama kepolisian ya untuk betul-betul supaya tertib trotoar untuk bulan ini," ungkapnya.

Pidana bagi pengendara sepeda motor masuk pedestrian diatur oleh Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Pasal 90 ayat 2 menyebutkan: setiap pengemudi kendaraan bermotor dilarang mengoperasikan kendaraan bermotor di jalur sepeda dan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar. Adapun sanksinya berupa pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp250 ribu.[jat]
#DjarotSaifulHidayat
BERITA TERKAIT
Enam Rusun Siap Ditempati Akhir Agustus
Djarot: Kepemilikan Kendaraan Pribadi Dibatasi
Djarot: Masa Beli Rokok Bisa, Bayar Sewa Tidak
Djarot Resmikan Kampanye Yuk ke Monas
(Jaga Stabilitas Pangan) Polda Gelar Bazar Murah Selama 7 Hari
Ganjil-Genap Tol Jakarta-Cikampek Masih Wacana
Pembatasan Motor di Monas-Senayan Tunggu Pergub

ke atas