GAYA HIDUP

Selasa, 01 Agustus 2017 | 17:20 WIB
(Makanan Pendamping ASI)

Nasi Uduk dan Opor Ayam Bisa Jadi MPASI?

Mia Umi Kartikawati
Nasi Uduk dan Opor Ayam Bisa Jadi MPASI?
(Foto: Ilustrasi)


INILAHCOM, Jakarta - Memberikan makanan pendamping Air Susu Ibu (ASI) pada anak memasuki usia enam bulan tidak perlu repot.

Yang terpenting bagi para ibu adalah, mencari makanan yang tepat dan mengandung gizi kecukupan gizi yang baik bagi anak.

Menurut Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Dokter spesialis anaksub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik, terkadang para ibu mengalami kerepotan untuk membuat sesuatu makanan karena sangat berbeda dengan makanan orang dewasa. Padahal, makanan anak bisa dibarengi membuatnya untuk orang dewasa. Seperti apa?


"Kenapa anak tidak langsung diperkenalkan oleh makanan khas Indonesia seperti yang dimakan ibunya saat hamil? Anak itu sudah mengenal rasa saat di dalam kandungan melalui air ketuban. Karena itu, tidak ada alasan anak tidak mau makan. Misalnya, Anda bisa membuat opor ayam lalu dblender agar menjadi bubur. Anak akan merasakan makanan yang enak dan akhirnya mengenal rasa yang dahulu dirasakan di dalam perut ketika ibunya konsumsi," papar Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Dokter spesialis anaksub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (31/07/2017).

Selain itu, orangtua jangan pernah takut mengenalkan beragam rasa makanan pada anak. Ini bisa membuat anak semakin kaya dalam merasakan berbagai makanan. Misalnya, mengapa tidak memberikan anak nasi uduk? Ibu bisa membuat nasi uduk seperti saat ibu hamil makan nasi uduk. Ini pernah dirasakan oleh anak.

"Masak nasi uduk, jadikan bubur, kemudian tambah dengan hati ayam yang digoreng lalu diblender. Ini bisa dilakukan di rumah. Anak jadi lebih bisa konsumsi makanan yang bervariasi," tambahnya.(tka)
#nasiuduk #oporayam #makanan #pendamping #ASI
BERITA TERKAIT
Kacang Hijau dan Daun Adas Picu Produksi ASI
Intip Tujuh Menu Baru Mango Mango Indonesia
Philips CEC Buka Gerai untuk Gaya Hidup Sehat
Intip Gaya Hidup Sehat Ferry Salim
Bebas Alkohol, Parfum Ulama Ini Klaim Bawa Berkah
PPLIPI Tingkatkan Solidaritas Antar Perempuan
Museum Blanco Raih Penghargaan ISTA 2017 Kemenpar

ke atas