GAYA HIDUP

Senin, 07 Agustus 2017 | 11:30 WIB

Kuliner Indonesia Perkuat Identitas Bangsa

Mia Umi Kartikawati
Kuliner Indonesia Perkuat Identitas Bangsa
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Kuliner Indonesia memang sangat beragam dari setiap daerah. Karena itu, kekayaan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat indentitas bangsa Indonesia di forum internasional. Karena itu, Pemerintah (Kemenpar) sangat serius dalam memajukan industri kuliner antara lain dengan meluncurkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia agar bisa mendunia sekaligus menjadi indentitas nasional. Salah satunya adalah makanan khas dari Sumatera Barat, Rendang.


Kuliner juga menjadi indentitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut. Ambil contoh; Rendang dari Padang Sumatera Barat, satu di antara 30 ikon kuliner tradisional Indonesia, secara otomatis akan mempromosikan pariwisata Sumetara Barat baik di tingkat nasional maupun mancanegara," papar Menpar Arief Yahya di Festival Kuliner Nusantara 2017, Jakarta, baru - baru ini.

Melalui penetapan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia diharapkan bisa masuk dan dapat dipresentasik,an sebagai hidangan kelas dunia baik oleh para chef hotel dan restoran di negara manapun karena kuliner tersebut bahan-bahannya mudah diperoleh baik di dalam dan luar negeri, jenis makanannya sudah dikenal luas, memiliki praktisi profesional yang menguasai jenis makanannya, serta memenuhi kaidah jamuan internasional yaitu; ada makanan sebagai pembuka (appetizer), makanan utama (main course), dan makanan penutup (dessert).(tka)
#kuliner #Indonesia #Identitas #Bangsa
BERITA TERKAIT
Pemilihan Putri Pariwisata 2017 Digelar 25 Agustus
Gula Pada ASI Berfungsi Melawan Bakteri?
Waspada Penyakit Degeneratif Mengintai Usia Muda
Ini yang Terjadi Jika Ibu Tidak Menyusui
Tiga Makanan Penyelamat Sarapan di Prasmanan
Skipping untuk Jantung dan Otak Lebih Sehat
Lima Makanan untuk Lancarkan Buang Air Besar

ke atas