OLAHRAGA

Senin, 07 Agustus 2017 | 14:03 WIB

Jokowi Ingin SEA Games Jadi Batu Loncatan AG 2018

Raiy Muhammad
Jokowi Ingin SEA Games Jadi Batu Loncatan AG 2018
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan pencapaian para atlet di SEA Games XXIX/ 2017 di Kuala Lumpur menjadi batu loncatan untuk Asian Games (AG) 2018.

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 untuk pertama kalinya sejak 1962 lalu. Jakarta dan Palembang dipercaya sebagai venue pesta olahraga se-Asia tersebut.



Sebelum Asian Games digelar, atlet Indonesia akan bertarung terlebih dulu di SEA Games 2017 yang mulai digelar 19-30 Agustus.

"SEA Games ya targetnya emas, targetnya juara dan ini jadi batu untuk melompat ke Asian Games. Menjadi persiapan untuk Asian Games," kata Jokowi di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Kepala Negara pun mengakui, dirinya menaruh harapan besar agar para atlet bisa meraih juara umum dalam setiap cabang olahraga yang diikutsertakan.


Pasalnya, dalam catatan sejarah, Indonesia 10 kali meraih juara umum di berbagai pertandingan yang digelar SEA Games.

"Ya, kita sebagai negara besar semestinya targetnya seperti itu. Kan tadi sudah saya sampaikan. Kalau jadi 11 (kali juara umum) kan jauh lebih baik," ungkapnya.

Lebih jauh, Jokowi menilai semua negara pasti ingin meraih kemenangan di ajang SEA Games, termasuk Indonesia sebagai salah satu negara peserta.

Untuk itu, pembinaan dan motivasi untuk setiap atlet merupakan hal yang diperlukan demi kesuksesan mereka meraih kemenangan di ajang olahraga yang digelar setiap dua tahun sekali tersebut.

"Saya kira semua negara sama, mempersiapkan diri untuk bertarung dan bertanding memperebutkan juara. Semua menginginkan emas pasti seperti itu karena menyangkut kebanggaan bangsa, menyangkut sebuah prestasi dan rasa bangga, semua arahnya pasti ke sana. Pembinaan harus dilakukan terus-menerus dengan kompetisi-kompetisi usia dini, remaja dan seterusnya. Semakin banyak kompetisi akan semakin memperbaiki prestasi atlet, kuncinya di situ," tandasnya.[rza]
#seagames
BERITA TERKAIT
(SEA Games 2017) Bendera RI Salah Cetak, Kesalahan Fatal Malaysia
(SEA Games 2017) Daftar Perolehan Medali SEA Games, Sabtu (19/8)
Panitia SEA Games Buat Surat Permintaan Maaf
(SEA Games 2017) Bendera Indonesia Salah, Malaysia Minta Maaf
(SEA Games 2017) Insiden Salah Bendera, Indonesia Ajukan Protes
Fatal! Panitia SEA Games Salah Cetak Bendera RI
(SEA Games 2017) Dua Emas dari Panahan, CdM: Luar Biasa

ke atas