MOZAIK

Rabu, 09 Agustus 2017 | 08:00 WIB

Keagungan Islam Terbelenggu Umatnya

Keagungan Islam Terbelenggu Umatnya
(Foto: Istimewa)


SAAT ini, Islam boleh jadi seringkali terlihat sebagai agama kaku yang sangat mengedepankan aturan hukum yang rigid, dibanding kehalusan budi dan sikap bijak.

Dengan demikian jelas terlihat, betapa Islam yang sejatinya adalah rahmat untuk alam semesta, belum mampu ditegakkan umatnya sebagaimana mestinya.


Nyata sudah, keagungan Islam itu terbelenggu oleh perilaku umatnya sendiri. Artinya, bukan ajaran Islam yang mengajarkan kekakuan, sikap yang rigid, tetapi itu semata pilihan sikap sebagian penganutnya. Itulah yang membuat Islam, sebagaimana kata almarhumah Prof. Annemerie Schimmel, selama ini telah diperlakukan buruk dan semberono dengan menyatakannya sebagai agama primitif yang melulu berhubungan dengan hukum. Schimmel yang mendalami dengan intens justru menemukan Islam adalah agama yang berorientasikan Cinta-kasih.

Bagaimana tidak, bila Allah adalah Tuhan Kasih sayang yang menyatakan bahwa kasih sayang-Nya meliputi apa saja di alam semesta. Bahkan para fakih menyatakan, sesungguhnya Allah menciptakan manusia karena cinta, hanya agar manusia itu belajar kembali mencintai-Nya. Dan mencintai Allah, seperti diungkap dalam berbagai ajaran Nabi-Nya, hanya mungkin diwujudkan dalam kecintaan kepada manusia, yang oleh Allah disebut sebagai kerabat DiriNya itu. []
#allah #islam #muslim #umatislam
BERITA TERKAIT
Delapan Karunia Allah di Hati Seorang Mukmin
Manusia dan Allah Bagaikan Hamba dan Tuannya
Kemuliaan Agung bagi yang Diberi "Al-Hikmah"
Masuki Musim Hujan, Jangan Lakukan Kebiasaan ini!
Di Saat Rasulullah Pingsan dan Menangis
Yahudi, Beriman pada Sebagian Kitab Suci saja
Yahudi Mengingkari Nabi bahkan Membunuhnya

ke atas