DUNIA

Selasa, 08 Agustus 2017 | 18:30 WIB

Korut Bakal Beri AS 'Pelajaran Keras'

binar mp
Korut Bakal Beri AS 'Pelajaran Keras'
(Foto: theaustralian)


INILAHCOM, Manila - Korea Utara siap memberi Amerika Serikat "pelajaran keras" dengan meluncurkan peluru kendali antarbenua jika Washington mengambil langkah militer terhadap Pyongyang, kata pernyataan negara tersebut dalam pertemuan kawasan ASEAN pada Senin (7/8/2017).

Korea Utara juga tidak akan menghentikan atau merundingkan program nuklir atau peluru kendali mereka.

Dalam salinan pernyataan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho, yang dibagikan kepada media di Manila, Pyongyang menyebut hukuman baru PBB sebagai langkah palsu dan mengancam akan membalas dengan tindakan keras demi keadilan.


Menurut Ri, resolusi Dewan Keamanan itu meunjukkan bahwa PBB menyalahgunakan kewenangannya.

Dia mengatakan bahwa uji coba rudal kendali berdaya jelajah antar benua pada Juli lalu menunjukkan bahwa semua wilayah Amerika Serikat bisa menjadi sasaran. Rudal itu juga merupakan alat pertahanan diri yang wajar.

Pada saat ini, menteri-menteri luar negeri ASEAN bersama beberapa mitra regional mereka seperti Korea Utara, Amerika Serikat, China Korea Selatan, Jepang, dan Australia tengah bertemu di Manila untuk membahas penanganan sejumlah persoalan seperti sengketa wilayah di Laut China Selatan dan krisis di Semenanjung Korea.

Hingga kini belum diketahui apakah Ri membacakan pernyataan tersebut dalam Forum Regional ASEAN pada Senin, demikian Reuters melaporkan.
BERITA TERKAIT
Rumor Vampir, 140 Orang di Marawis Ditangkap
Presiden Rusia Tentang Usaha Sudutkan Korut
Tiap Pekan 12000 Anak Rohingya Tiba di Bangladesh
Kaisar Akihito Akhiri Tahta Pada Maret 2019
Militer Filipina Tewaskan Tokoh ISIS di Marawi
Mantan PM Pakistan Didakwa Kasus Korupsi
Putin Tuding AS Halangi Rusia Ikut Olimpiade

ke atas