DUNIA

Rabu, 09 Agustus 2017 | 13:24 WIB

Dikirimi Simpatisan ISIS, Malaysia Protes Turki

Didi Prambadi
Dikirimi Simpatisan ISIS, Malaysia Protes Turki
(Foto: ilustrasi)


INILAHCOM, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia melayangkan protes kepada Pemerintah Turki karena mengirim sejumlah militan yang tertangkap sebelum bergabung dengan ISIS, tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Kantor Reuters mengabarkan Selasa (8/8/2017) sebuah sumber di Kuala Lumpur mengungkapkan Turki harusnya memenuhi prosedur lebih dulu. Mereka harusnya mengikuti protokol internasional. Misalnya, mereka harus dideportasi dari bandara embarkasi pertama. Mereka juga harus memberitahu negara yang bakal dikirimi para militan itu, kata sumber yang tak mau disebut namanya.


Belum jelas berapa banyak anggota militan yang akan dikirim dan kapan mereka tiba di Malaysia. Tapi pekan lalu, Deputi PM Malaysia, Ahmad Said Hamidi menjelaskan, Pemerintah Malaysia tengah mencari 16 orang militan yang berangkat ke Turki. Hal itu perlu diketahui, mengingat Kuala Lumpur akan menggelar pesta olahraga ASEAN Games 19 Agustus 2017 nanti.

Satuan anti-teroris Malaysia melakukan operasi penggrebekan di jalan-jalan raya Kuala Lumpur. Operasi yang dilancarkan enam jam itu berhasil menangkap 400 orang. Mereka yang terjaring dalam operasi Ahad lalu itu, terdiri dari warga Bangladesh, India, Nepal dan Myanmar. Dalam operasi itu, satuan anti-teroris Malaysia menangkap seorang warga Pakistan, setelah kedapatan membawa uang tunai sebesar US$9 ribu lebih dan 62 paspor dari berbagai negara, serta sebuah mesin pembuat stiker palsu Departemen Imigrasi Malaysia.

Operasi kami bertujuan mencari warga asing yang terlibat terorisme, terutama mereka yang terlibat di Suriah, kata Kepala Polisi Divisi Anti-Teroris Malaysia, Ayob Khan Mydin Pitchay. Kami mengkhawatirkan mereka yang terlibat di Suriah berada di Malaysia, sambungnya.
#malaysia #isis
BERITA TERKAIT
ISIS Kehilangan 90 Persen Wilayah Kekuasaannya
Filipina Masih Buru Pentolan ISIS dari Malaysia
Serangan AS Tewaskan Puluhan Militan ISIS di Yaman
ISIS Klaim Tembakan Dua Roket ke Israel
Bom Bunuh Diri ISIS Tewaskan 50 Orang di Suriah
ISIS Klaim Pengeboman di Markas Polisi Damaskus
Ratusan Anggota ISIS Serahkan Diri di Irak

ke atas