DUNIA

Rabu, 09 Agustus 2017 | 16:25 WIB

Turki Bangun Tembok Keamanan di Perbatasan Iran

Binar MP
Turki Bangun Tembok Keamanan di Perbatasan Iran
(ist)


INILAHCOM, Ankara - Turki mulai membangun tembok keamanan di sepanjang perbatasan negara itu dengan Iran, menurut keterangan pejabat daerah setempat, Selasa (8/8/2017), yang ditujukan untuk menghentikan pergerakan pemberontak Kurdi.

Foto-foto yang diunggah di situs Gubernur Provinsi Agri, Turki timur, menunjukkan tiang beton sedang dipasang di sepanjang perbatasan.


Otoritas Turki mengumumkan pembangunan pagar perbatasan sepanjang 144 kilometer pada Mei silam sebagai upaya menghalangi pergerakan kelompok terlarang Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Perbatasan antara Turki dan Iran memiliki panjang sekitar 500 kilometer.

PKK, yang mengobarkan pemberontakan di Turki sejak 1980-an, dianggap sebagai kelompok teroris oleh Ankara dan negara-negara Barat.

Untuk meningkatkan keamanan di perbatasan dengan Suriah, Turki juga membangun tembok serupa dua tahun silam guna mencegah ekstremis ISIS bergerak dengan leluasa melintasi perbatasan dan untuk memberantas keluar masuk perbatasan secara ilegal, demikian lansir AFP.
#Turki #Iran
BERITA TERKAIT
Turki Targetkan 70 Tentara Terkait Gulen
Turki Penjarakan Wartawan Wall Street Journal
(Bila Perjanjian Nuklir Diubah) Garda Revolusi Iran Ancam Serang AS
AS dan Turki Saling Hentikan Pengajuan Visa
Rumor Vampir, 140 Orang di Marawis Ditangkap
Presiden Rusia Tentang Usaha Sudutkan Korut
Tiap Pekan 12000 Anak Rohingya Tiba di Bangladesh

ke atas