EKONOMI

Rabu, 09 Agustus 2017 | 17:06 WIB
Highlight

Kemenkop dan UKM Layak Jadi Kemenko Ekonomi Rakyat

Kemenkop dan UKM Layak Jadi Kemenko Ekonomi Rakyat
(Foto: istimewa)
1 2 3


INILAHCOM, Jakarta - Kemenkop dan UKM layak ditingkatkan fungsinya menjadi Kementrian Koordinator Ekonomi Rakyat.

Pasalnya, fungsi Kementerian Koperasi dan UKM selama ini selalu dianggap sebagai Kementerian yang dikhususkan untuk mengurusi Koperasi dan UKM.

Sementara tanggungjawab pemberdayaan koperasi dan UKM di Kementerian dan Lembaga Negara lainya tidak diperhatikan. "Padahal masalah krusialnya itu bagaimana pengembangan koperasi di seluruh sektor ekonomi," ujar pengamat koperasi Suroto di Jakarta, Rabu (9/8).

Suroto yang juga Ketua Asosiasi Kader Sosio Ekonomi Strategis (AKSES) mencontohkan, masalah pemberdayaan nelayan. "Petambak itu kan ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Masalah peternakan dan pertanian ada di Kementan," katanya.


Masalah perindustrian rakyat ada di Kementerian Perindustrian. Dan masih banyak lagi yang kalau dilihat Kementerian-kementerian itu beberapa hanya menempatkan fungsi perkoperasiannya di tingkat eselon tiga atau empat. Tidak jadi komitmen serius dari Kementerian atau Lembaga ( K/L)."

Akibatnya masalah nelayan, petani, petambak, perajin, pedagang kecil dan basis kehidupan ekonomi rakyat selama ini, seakan semuanya ditumpukan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Sementara Kementerian lainya seolah cuci tangan.

Bahkan, ada yang memunculkanya sebagai ego sektoral. Contohnya, Kementerian Desa Dan PDT yang mengabaikan entitas badan hukum koperasi ketika mengembangkan BUMDes.

#kemenkop
BERITA TERKAIT
2018, LPDB Siapkan Rp100 M Untuk Bisnis Start Up
Kemenkop Naikkan PDB Koperasi & Rasio Wirausaha n
Menkop Apresiasi Pembelian Gabah KUD di Klungkung
Kemenkop Serahkan Bantuan Pengungsi Gunung Agung
RUU Perkoperasian Akomodir Rebranding Koperasi
LPDB Minta Dinas Koperasi Seleksi Awal Calon Mitra
Menkop Harap Entrepreneur Muda Garap Ekspor Kopi

ke atas