DUNIA

Kamis, 10 Agustus 2017 | 03:30 WIB

Iran Tunjuk Dua Wapres Perempuan

Binar MP
Iran Tunjuk Dua Wapres Perempuan
Presiden Iran Hassan Rouhani (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Teheran- Presiden Iran Hassan Rouhani menunjuk dua perempuan sebagai wakil presiden, sehari setelah dihujani kritikan dari kalangan reformis karena tidak mencalonkan satu pun perempuan sebagai menteri.

Massoumeh Ebtekar, yang dikenal sebagai juru bicara saat krisis penyanderaan kedutaan besar AS pada 1980, ditunjuk sebagai wakil presiden bidang pemberdayaan perempuan yang sebelumnya menjabat di departemen lingkungan hidup.


Laya Joneydi ditunjuk sebagai wakil presiden bidang hukum sementara seorang tokoh perempuan lain, Shahindokht Mowlaverdi, dipilih sebagai penasihat khusus hak warga.

Rouhani memiliki tiga wakil presiden perempuan pada masa pemerintahan sebelumnya. Sejumlah jabatan wakil presiden masih kosong dan masih belum jelas apakah ada wakil presiden perempuan lain.

Rouhani, seorang ulama moderat, memenangi pemilu presiden pada Mei lalu setelah mengalahkan tokoh garis keras Ebrahim Raisi dengan dukungan kalangan reformis setelah berjanji akan memperbaiki kebebasan sipil dan menormalisasi hubungan dengan negara-negara Barat, demikian lansir AFP.
#Iran #wapres
BERITA TERKAIT
(Bila Perjanjian Nuklir Diubah) Garda Revolusi Iran Ancam Serang AS
Rumor Vampir, 140 Orang di Marawis Ditangkap
Presiden Rusia Tentang Usaha Sudutkan Korut
Tiap Pekan 12000 Anak Rohingya Tiba di Bangladesh
Kaisar Akihito Akhiri Tahta Pada Maret 2019
Militer Filipina Tewaskan Tokoh ISIS di Marawi
Mantan PM Pakistan Didakwa Kasus Korupsi

ke atas