GAYA HIDUP

Kamis, 10 Agustus 2017 | 11:26 WIB

Ini Manfaat Latihan Bela Diri Bagi Buah Hati Anda

Ini Manfaat Latihan Bela Diri Bagi Buah Hati Anda
(Foto: istimewa)


BANYAK orang tua menganggap bahwa seni bela diri kurang tepat bagi anak-anak. Ada anggapan bahwa latihan yang keras dapat membahayakan si buah hati. Padahal pelatihan bela diri yang baik akan sangat positif bagi perkembangan anak dan tidak berbahaya jika dilakukan dengan benar.

Bela diri tak hanya bergantung pada olah fisik semata. Atau hanya gagah-gagahan semata sehingga anak cenderung sok jagoan. Namun sebenarnya banyak manfaat yang bisa dipetik dari berolah raga seni bela diri yang benar.



Latihan fisik yang rutin akan membuat anak sering bergerak dan akan membawa pengaruh baik bagi perkembangan kesehatannya. Tubuh akan lebih bugar, stamina dan daya tahan tubuh semakin baik serta menambah kemampuan motorik si buah hati.

Berbagai gerakan saat latihan bela diri akan memacu refleks si anak, seperti menangkis serangan, mendapat pukulan, menghindar serta melakukan strategi menyerang. Jelas anak akan lebih tangkas dan gesit. Dengan latihan fisik yang teratur dan tepat, akan meningkatkan kemampuan jantung, menambah kekuatan otot dan mengatur keseimbangan. Juga sangat bermanfaat ketika menghindari terjadinya cedera atau terjatuh.

Manfaat lain tak hanya bagi fisik anak. Dari sisi mental, latihan bela diri secara rutin dapat meningkatkan disiplin, serta melatik sportivitas. Anak-anak akan diajari memegang teguh prinsip dan komitmen berbuat kebaikan seperti filosofi bijak yang banyak dianut setiap aliran bela diri. Tidak mengejar kemenangan atau mencari siapa yang paling hebat.

Secara mental, seorang anak yang rajin mengikuti latihan bela diri juga akan tampil lebih percaya diri. Yakin pada kekuatan sendiri, tidak mudah frustasi dan tak akan berlama-lama membiarkan rasa penyesalan. Sehingga akan lebih mudah menangani masalah. Dalam perjalanan hidupnya, akan terbiasa ketika mengalahkan lawan dan bangkit kembali ketika terjatuh.


Sementara manfaat secara sosial juga tak kalah pentingnya. Si anak harus berinteraksi dan saling menghargai dengan teman sebaya, yang lebih muda atau lebih senior. Anak juga mendapatkan teman tidak hanya yang dijumpainya di sekolah atau di sekitar rumahnya. Pergaulan menjadi lebih luas. Lambat laun akan tumbuh juga rasa persaudaraan, peningkatan harga diri, dan penghormatan terhadap sesama.

Satu lagi manfaat yang seringkali menjadi tujuan utama orangtua menyerahkan anak kesayangannya berlatih bela diri. Sebagai orangtua, tentu tak ingin buah hatinya terluka apalagi dilukai orang lain. Lewat bela diri, anak dilatih untuk berpikir cepat, taktis, dan waspada dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan seperti kejahatan, kekerasan danbullyingyang sering terjadi saat ini. Anak akan lebih tangguh, tenang dan berusaha mencari jalan keluar ketika tiba-tiba berada pada situasi sulit dan mengancam.

Intinya, mengikuti aktivitas bela diri bagi si buah hati bukanlah hanya berlatih memukul, menendang, membanting dan mengunci. Tapi lebih jauh lagi yakni pelan-pelan akan membentuk kepribadian seorang anak.

Untuk mengikutkan anak pada kegiatan bela diri, jangan lupa persiapkan secara matang. Rata-rata usia minimal untuk mengikuti berbagai cabang seni olah raga bela diri ini adalah lima tahun. Yang pertama kali harus dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada buah hati Anda tentang tujuan dan harapan mengikuti olah raga bela diri. Misalnya bela diri bukan untuk menyerang orang lain, justru sebaliknya memupuk rasa kemanusiaan.

Minta masukan pula dengan orang yang berpengalaman tentang keunggulan dari masing-masing cabang olahraga bela diri yang paling cocok untuk anak Anda. Konsultasikan juga dengan instruktur atau pelatih bela diri tentang keinginan ini.

Penting juga untuk orang tua mendampinginya saat berlatih terutama pada masa-masa awal. Ini penting agar anak merasa mendapat dukungan penuh dari orang tuanya. Sang Bunda juga perlu mengetahui cara menangani cedera yang mungkin terjadi saat berlatih.

Yang tak bisa dilupakan adalah aktivitas fisik latihan bela diri ini perlu ditopang dengan asupan nutrisi yang lengkap bagi anak agar tumbuh berkembang maksimal. Salah satunya lewat asupan nutrisi darisusu Dancow FortiGro. Jangan sampai energi anak terkuras karena rajin berlatih tapi tidak diimbangi asupan yang baik sehingga tampak loyo, tak bergairah dan kurang fit. [adv]
#dancow #dancowfortigrow
BERITA TERKAIT
Jangan Anggap Remeh Soal Penyakit Kucing
Ini Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat
Berkunjung ke Malang, Jangan Lupa Beli Oleh - Oleh
World Tourism Park Forum 2017 Digelar November
Inilah Capaian Imunisasi MR
Kemenkes Tegaskan Imunisasi MR Aman
Ternyata Kolagen Ikan Tuna Bermanfaat untuk Kulit

ke atas