DUNIA

Kamis, 10 Agustus 2017 | 14:29 WIB

Qatar Berlakukan Bebas Visa Bagi Puluhan Negara

Didi Prambadi
Qatar Berlakukan Bebas Visa Bagi Puluhan Negara
(Foto: Farsnews)


INILAHCOM, Doha - Pemerintah Qatar membuka diri dengan memberikan bebas visa terhadap 80 negara di dunia untuk berkunjung ke Kerajaan Qatar yang dipimpin Sheikh Tamin bin Hamad Al Thani.

NPR News mengabarkan, langkah itu diumumkan Akbar Al Baker, CEO Group Qatar Airways, Rabu (9/8/2017). Semua warga AS dan negara lain kini bisa masuk Qatar, tanpa visa, tanpa bayar, kata Al Baker. Ketentuan ini berlaku hari ini juga, sambung Al Baker. Negara-negara yang termasuk bebas visa dibagi dalam dua kategori. Yakni, negara-negara yang diizinkan tinggal di Qatar selama 90 hari dan negara-negara yang hanya diizinkan bebas visa selama 30 hari.

Di antara 33 negara yang termasuk dalam daftar bebas visa 90 hari itu antara lain Rusia, Austria, Prancis, Jerman, Belanda, Turki dan lainnya. Anehnya, Amerika Serikat dimasukkan dalam daftar 47 negara yang diberi visa bebas selama 30 hari. Negara adidaya itu termasuk dalam daftar negara-negara seperti Australia, Brazil, Kanada, Hong Kong, Jepang, Malaysia dan Indonesia. Para pengunjung dari 80 negara tersebut mendapatkan visa kunjungan pada saat tiba di Bandara Qatar. ''Mereka tidak lagi harus mengajukan permohonan visa di perwakilan kami,'' tutur Al Baker.


Para pejabat imigrasi Qatar menjelaskan, kelonggaran visa ini dicanangkan sebagai langkah agar Qatar menjadi negara paling terbuka di Kawasan Timur Tengah. Sementara banyak negara yang menutup langit dan perbatasannya, Qatar malah membuka perbatasannya untuk menyambut kedatangan pengunjung dari seluruh dunia, kata Al Baker.

Dengan langkah ini, Qatar diperkirakan mampu bertahan dari blokade ekonomi dan pengucilan yang dilakukan sejumlah negara Teluk. Seperti diketahui Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab melakukan blokade keluar masuk Qatar, karena dituduh mendukung kelompok militan ISIS, dan tak bersedia memberitahukan posisi kelompok militan yang konon masih berada di Qatar.

Meski beberapa negara itu tidak termasuk dalam daftar bebas visa, Qatar memberikan kelonggaran bebas visa juga. Terutama bagi warga negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk, seperti Bahrain, Kuwait, Oman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab serta Turki.
#qatar #bebasvisa #as
BERITA TERKAIT
Rumor Vampir, 140 Orang di Marawis Ditangkap
Presiden Rusia Tentang Usaha Sudutkan Korut
Tiap Pekan 12000 Anak Rohingya Tiba di Bangladesh
Kaisar Akihito Akhiri Tahta Pada Maret 2019
Militer Filipina Tewaskan Tokoh ISIS di Marawi
Mantan PM Pakistan Didakwa Kasus Korupsi
Putin Tuding AS Halangi Rusia Ikut Olimpiade

ke atas