EKONOMI

Jumat, 11 Agustus 2017 | 14:51 WIB

Inilah Data Terakhir Kebakaran Hutan dan Lahan

Inilah Data Terakhir Kebakaran Hutan dan Lahan
(Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Data Posko Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 10 Agustus 2017 pukul 20.00 WIB, menyebutkan pada Satelit NOAA19 terpantau 17 hotspot di wilayah Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi, dalam keterangannya tertulis Jumat (11/8/2017). Sedangkan satelit TERRA/AQUA (NASA) dengan confidence level di atas 80% menunjukkan tidak terdapat hotspot di wilayah Indonesia. Data juga menyebutkan, sebanyak 33 hotspot terlihat berdasarkan data TERRA/AQUA (LAPAN) dengan confidence level 30-79%.

Dengan demikian, total hotspot berdasarkan satelit NOAA19 per 1 Januari s/d 10 Agustus 2017 dilaporkan sebanyak 1.414 hotspot. Dibandingkan dengan tahun 2016 periode yang sama, yaitu 1.396 hotspot, tahun ini terdapat kenaikan jumlah hotspot sebanyak 18 titik (1,28%).

Sedangkan data TERRA/AQUA (NASA) per 1 Januari s/d 10 Agustus 2017 (confidence level di atas 80%), menunjukkan penurunan jumlah hotspot sebanyak 1.706 hotspot (77,17%), dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama, yaitu semula 2.196 hotspot menjadi 490 hotspot.


Pemadaman kebakaran lahan dilakukan oleh Manggala Agni pada lahan masyarakat di Desa Temusai, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, (10/8/2017). Lahan terbakar seluas 20 hektar.

Di Provinsi Sumatera Selatan, dilakukan Rapat Koordinasi dalam rangka Penanggulangan Karhutla tahun 2017 bersama Manggala Agni dan Polres Banyuasin di Aula Polres Banyuasin (10/8/2017).

Di Provinsi Kalimantan Barat, terus digencarkan kegiatan patroli darat dan monitoring hotspot. Kegiatan patroli darat / Groundchek Hotspot ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sambas yang meliputi Desa Balai Gemuruh, Kecamatan Sambas, Desa Sarang Burung Kolam, Kecamatan Jawai, Desa Sarang Burung Danau, Kecamatan Jawai, Desa Semata, Kecamatan Jawai, dan Desa Sebubus, Kecamatan Paloh. Hasil Groundcheck sepanjang jalur patroli tidak ditemukan adanya titik api, namun ditemukan beberapa lokasi/areal bekas terbakar di daerah Desa sarang Burung Kolam, Desa Sarang Burung Danau dan Desa Semata.

Patroli terpadu juga dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Tengah, oleh Manggala Agni Daops Kapuas di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas Basarang.

Di Jawa Timur, kejadian kebakaran di Hutan Jati Di Wilayah Balai Taman Nasional (BTN) Baluran (9/8/17) telah dilakukan upaya pemadaman dengan Tim dari MPA, BPBD Kabupaten Situbonto dan BTN Baluran, BPPI KHL JBN. Dengan jumlah personil 35 orang. [*]
#lhk #kementerianlhk #karhutla #kebakaranhutan
BERITA TERKAIT
Cuaca Panas, KLHK Intensifkan Pemadaman
KLHK dan BOS Rayakan Hari Kemerdekaan Orang Utan
KLHK: Cegah Karhutla Selamatkan Orangutan
KLHK Sukses Pulihkan Gambut di Sumsel
KLHK Lanjutkan Moratorium Izin Baru
KLHK Juara Sistem Kearsipan dan Data Base Spasial
HUT RI ke-72, Tim Terpadu Tetap Padamkan Karhutla

ke atas