EKONOMI

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 02:29 WIB

Kemenperin Optimis IKM Tumbuh Positif

Kemenperin Optimis IKM Tumbuh Positif
Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih optimistis terhadap pertumbuhan IKM tahun ini.

Menurut data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil triwulan II/2016 naik sebesar 5,74% (q-to-q) terhadap triwulan I-2016. "Masih positif meskipun agak melambat," kata Gati di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Adapun jenis-jenis industri yang mengalami kenaikan produksi adalah Industri tekstil naik 11,78%, Industri pengolahan tembakau naik 11,67%, serta industri peralatan listrik dan industri pakaian jadi naik sebesar 10,17%.


Sementara itu, provinsi yang mengalami pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil tertinggi pada periode tersebut adalah Provinsi Sulawesi Selatan yang naik 11,40%. Selain itu, Provinsi Kalimantan Timur naik 10,31% dan Provinsi Jawa Barat naik 9,92%.

Diketahui, Kemenperin tengah fokus mengembangkan program e-smart IKM hingga ke kabupaten dan kota di Indonesia. "Program e-smart, sudah menjadi tuntutan zaman, jika tidak dikembangkan dari sekarang IKM di Indonesia akan ketinggalan dan mungkin menjadi tamu di rumah sendiri dalam menghadapi persaingan bebas saat ini," kata Gati.

Program ini, akan memanfaatkan platform digital melalui kerja sama dengan perusahaan startup di Indonesia. [tar]
#kemenperin #dpr #ikm
BERITA TERKAIT
3 Tahun Jokowi, Fadli Curiga Infrastrukturnya
DPR Ketok Palu Anggaran 6 K/L, Kemenkeu Terbesar
Pabrik Semen Pidie Dihentikan, DPR Marah-marah
Tahun Ini, 1.200 IKM Bisa Nikmati KUR
Anies-Sandi Ditantang Hidupkan Ekonomi Kreatif
Bea Cukai Berikan Fasilitas KITE Kepada 7 IKM Bali
Bea Cukai Dorong IKM Optimalkan KITE

ke atas