EKONOMI

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 06:29 WIB

Kampanye Pajak, Sri Mulyani Dekati Anak Sekolahan

M Fadil Djailani
Kampanye Pajak, Sri Mulyani Dekati Anak Sekolahan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Inilahcom/Fadil Dj)


INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggelar dialog interaktif melalui teleconference dengan siswa SD hingga SMA. Temanya membangun kesadaran pajak di usia dini.

Bertempat di gedung pusat Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Jumat (11/8/2017), Sri Mulyani berdialog dengan sejumlah siswa dari SDN Ende, SMPN 3 dan SMAN 1 Semarang.

Sri Mulyani menginginkan tumbuhnya kesadaran membayar pajak dari masyarakat, sejak usia sekolah. Bahwa, pajak adalah kewajiban setiap warganegara yang berguna untuk kemaslahatan bersama.

Tanpa adanya kesadaran dari masyarakat untuk berkontribusi berbentuk pajak, kata Sri Mulyani, maka Indonesia tidak akan menjadi negara maju.


Uang pajak tersebut disalurkan untuk kemaslahatan masyarakat seperti pembangunan sekolah, rumah sakit, jalan raya yang pada akhirnya akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, kata Sri Mulyani, dikutip dari laman resmi Kemenkeu.

Selanjutnya, Sri Mulyani juga menyasar para mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), Politeknik Keuangan Negara STAN, STIE Perbanas, STIAMI dan Universitas Bina Nusantara.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, menjelaskan, supaya manusia bisa menjadi aset dan tidak menjadi liability, atau kewajiban, maka perlu investasi di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Manusia bisa jadi aset bisa juga jadi liability atau kewajiban. Supaya 257 juta (jiwa rakyat Indonesia) jadi aset semua dia tidak akan terjadi dengan sendirinya. Biar tidak jadi liability, maka kita perlu invest di pendidikan dan kesehatan, kata Sri Mulyani.

Melalui acara Pajak Bertutur ini, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terkait program peningkatan kesadaran pajak sejak dini. [ipe]
#menkeusmi #pajak #djp
BERITA TERKAIT
Pantau Dana Desa, Menkeui Blusukan ke Klaten
Menkeu Sebut Atasi Kemiskinan Sejalan Nilai Islam
Kemenkeu Gelar Seminar Syariah Skala Internasional
Uji Kinerja Tim Ekonomi di Target RAPBN 2018
Utang 2017 Nambah Rp399,2T, Ini Kata Sri Mulyani
Cukai Rokok Naik, Kabar Buruk Bagi Si Ahli Hisap
(RAPBN 2018) Sri Mulyani Ingin Cetak Rekor Defisit Anggaran

ke atas