MOZAIK

Minggu, 13 Agustus 2017 | 00:40 WIB

Hikmah Detoksifikasi

KH Abdullah Gymnastiar
Hikmah Detoksifikasi
(Foto: Ilustrasi)
ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Kuasa atas langit, bumi dan segala isinya senantiasa memberikan hidayah kepada kita sehingga kita bisa meraih husnul khotimah. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, dalam dunia kesehatan ada istilah detoksifikasi, yaitu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Racun-racun di dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Jika racun-racun ada di dalam tubuh apalagi bertambah, maka tubuh akan lemas, letih, lesu, mudah marah, tidak produktif dan berbagai dempak buruk lainnya.

Racun tubuh bisa terbuang melalui keringat, kotoran, dan sebagainya. Semakin racun bisa terbuang dari tubuh, maka kita akan semakin sehat dan semakin produktif dalam hidup.


Itu baru urusan fisik. Bagaimana yang terjangkit racun itu adalah hati atau qolbu kita. Kita harus benar-benar terampil mendeteksi keracunan yang satu ini. Karena jikalau hati teracuni, maka timbul berbagai macam penyakit di dalamnya yang akan sangat merugikan. Timbullah sombong, riya, ujub, iri, dengki, dan lain sebagainya yang bisa mencelakai diri kita sendiri dan orang lain.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk disiplin memeriksa hati kita sendiri dan membersihkannya dari racun-racun yang bisa menimbulkan berbagai penyakit hati. Bersihkanlah hati dengan istighfar, memohon ampunan Allah Swt. Bersihkan dengan taubat yang sungguh-sungguh sekecil apapun dosa yang kita lakukan. Serta mendekat terus kepada Allah dengan menjaga amal ibadah kita.

Rosululloh Saw. bersabda,Ketahuilah di dalam diri manusia ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik maka baiklah diri manusia itu, akan tetapi bila segumpal daging itu rusak maka rusak pula diri manusia. Ketahuilah bahwa sesungguhnya segumpal daging itu adalah hati.(HR. Bukhori dan Muslim).

WAllahualam bishowab.[smstauhiid]
#inilahkehidupan #tausyiahkehidupan #aa gym
BERITA TERKAIT
Empat Jenis Pemarah
Orang yang Kikir
Kekayaan yang Sejati
Sembuhkan Penyakit Hati
Saat Merasa Lemah
Hikmah Memanah
Jika Merasa Sebagai Korban

ke atas