EKONOMI

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 17:20 WIB

Mudahkan Izin Rumah MBR, Pemda Dapat Penghargaan

M Fadil Djailani
Mudahkan Izin Rumah MBR, Pemda Dapat Penghargaan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penghargaan kepada Pemprov, Kabupaten dan Kota yang berkontribusi signifikan dalam kemudahan perizinan pembangunan perumahan MBR.

Ya, penghargaan ini diberikan kepada daerah yang memudahkan izin pembangunan perumahan untuk wong cuilik alias Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam rangka Program Sejuta Rumah.



Pemerintah daerah yang mendapat penghargaan adalah Pemprov Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat. Sedangkan untuk Pemkab (Kabupaten) adalah Maros, Bandung, dan Malang. Untuk Pemkot (Kota) adalah Jambi, Pontianak dan Manado.

"Kami memberi penghargaan pada Pemprov, Pemkab, Pemkot yang memberi kontribusi dalam kemudahan perizinan pembangunan rumah. Contoh di Pontianak izin sekarang dapat diperoleh hanya dalam waktu 6,5 jam," kata Basuki dalam acara pembukaan Indonesia Properti Expo di JCC, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Hadir dalam acara ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Direktur Utama BTN Maryono.


Ditambahkan Basuki, untuk mengurangi backlog perumahan yang masih berkisar 11,4 juta, pemerintah mencanangkan Program Sejuta Rumah pada 29 April 2015. Program ini merupakan gerakan bersama antara pemerintah pusat, daerah serta pelaku usaha properti atau pengembang, serta masyarakat. Semuanya bersatu untuk mewujudkan pembangunan perumahan MBR.

Dari sisi capaian, sejak 2015 hingga Agustus 2017 telah dibangun 2 juta unit rumah di tanah air. Didanai APBN serta subsidi sebesar Rp37,5 triliun.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi didampingi Basuki juga menyaksikan akad kredit 1.393 debitur BTN senilai Rp167,6 miliar dengan rincian 363 debitur senilai Rp44 miliar melakukan akad kredit di JCC Jakarta. Sisanya 1.030 debitur senilai Rp 123 miliar, akad kreditnya dilakukan di kota lainnya.

Pameran ini digelar dalam rangka Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2017 yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus dengan tema Rumah Layak Huni Menuju Masyarakat Sejahtera.

"Pameran diikuti oleh 201 booth dengan rincian 117 non-MBR dan 84 MBR termasuk booth Kementerian PUPR turut berpartisipasi dalam pemeran tersebut. Jumlah transaksi yang diharapkan dalam pameran ini sebesar Rp 5 triliun atau meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2016 sebesar Rp 4,5 triliun," kata Basuki. [ipe]

#sejutarumah #menteribasuki #pupr #properti #btn
BERITA TERKAIT
Dua Tahun Lagi, MBR Boleh Punya Rusunawa
Polemik Apartemen DPR, Ini Kata Menteri Basuki
Bisnis Properti di Palembang Bergairah
Menteri PUPR: Infrastruktur Jitu Tekan Ketimpangan
Kebut Sejuta Rumah, Subsidi Disiapkan Rp74 T
Ternyata, Jokowi Khawatirkan Angka Backlog
3 Masalah Ini Rajin Mampir di Telinga Jokowi

ke atas