EKONOMI

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 18:09 WIB

Orang Lebih Memilih Nabung Ketimbang Belanja

M Fadil Djailani
Orang Lebih Memilih Nabung Ketimbang Belanja
Ekonom UI Faisal Basri (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, JAKARTA - Ekonom UI Faisal Basri bilang, turunnya daya beli lantaran orang lebih memilih saving atau menabung di bank. Tak heran laba perbankan naik signfikan.

"Jadi masyarakat nabung lebih banyak dengan korbankan konsumsi. Jadi belanjanya kurang tidak berarti daya beli turun," kata Faisal dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

Faisal menambahkan, pertumbuhan ekonomi sepanjang semester I 2017 yang sebesar 5,01%, masih ditopang dengan konsumsi masyarakat yang tinggi.

"Ekonomi nasional yang ada di level 5,01% masih dari sektor konsumsi rumah tangga sebesar 2,65% dan yang kedua adalah investasi yang sebesar 1,69% dan net ekspor sebesar 0,59%," papar mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas.


Indikator makro yang baik, lanjut Faisal juga mengindikasikan bahwa ekonomi Indonesia dalam kondisi yang positif. "Jadi daya beli itu yang tercermin dari konsumsi, tidak ada gangguan dari mana-mana, tidak ada gangguan dari berbagai arah," katanya.

Tak hanya itu dilihat dari sektor pariwisata juga mencatatkan angka yang baik, dimana jumlah wisata mancanegara (wisman) naik 22,4% dengan jumlah turis sejak 2015 yang tembus 10 juta.

Dari peningkatan jumlah turis yang datang ke Indonesia, juga membuat penumpang udara naik 10,2% yang menunjukan konsumsi masih terjadi, lalu dari penerbangan internasional naik sebesar 13,54%, sedangkan kereta api juga naik 8,53%.

"Jadi tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat, pertumbuhan ritel itu tidak mengalami penurunan, tapi pertumbuhannya melambat, biasalah kalau omzetnya turun dia (pengusaha) teriaknya kencang, tapi kalau rezekinya bagus enggak teriak karena nanti orang pajak datang," kata Faisal. [ipe]
#faisalbasri #dayabeli #bps #perbankan
BERITA TERKAIT
Faisal: Biayai Infrastruktur Jangan Ugal-ugalan
Faisal Basri: Holding BUMN Perkecil Setoran Pajak?
September 2017, Rata-rata Upah Buruh Naik
Neraca Surplus, Ekspor-Impor Lesu di September
Menakar Peruntungan Ekonomi di Tahun Politik
Angka Ekspor Naik, Jokowi Ajak Optimis
Ekonom Faisal Basri Soroti Stagnasi Ekonomi RI

ke atas