EKONOMI

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 21:22 WIB

Polisi Serahkan Ribuan Miras Ilegal ke Bea Cukai

Polisi Serahkan Ribuan Miras Ilegal ke Bea Cukai
(Foto: Bea Cukai)


INILAHCOM, Jakarta - Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Direktorat Kepolisian Air (Ditpolair) melakukan serah terima barang bukti 6.900 botol minuman keras dan 58 pax cerutu ilegal kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Jakarta, Sabtu (12/8/2017).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk profesionalisme dalam melakukan penindakan terhadap upaya barang-barang ilegal, mengingat penanganan dugaan pelanggaran atas barang kena cukai ilegal merupakan kewenangan Bea Cukai.




Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta, Oentarto Wibowo mengungkapkan, setelah dilakukan serah terima miras ilegal oleh pihak Kepolisian kepada Bea Cukai, pihaknya akan melakukan penelitian lebih lanjut. Bea Cukai akan melakukan penelitian lebih lanjut guna menemukan kemungkinan terjadinya pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, ungkapnya.

Ribuan botol miras itu hasil penggagalan upaya penyelundupan dari Malaysia dan Singapura pada Sabtu 12 Agustus 2017. Sinergi yang dijalin Bea Cukai bersama aparat penegak hukum telah berhasil menggagalkan beberapa upaya penyelundupan barang larangan dan pembatasan. Barang selundupan ini dimasukkan ke dalam 500 koper dibawa oleh delapan orang porter menggunakan kapal KMP Dorolonda dari Pelabuhan Kijang, Kepulauan Riau ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Ia menambahkan bahwa penelitian akan dilakukan sesuai dengan Undang-Undang No.10 Tahun 1995 jo. Undang-Undang No. 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan dan Undang-Undang No. 11 Tahun 1995 jo. Undang-Undang No. 39 Tahun 2007 tentang Cukai. [*]
#beacukai #bc
BERITA TERKAIT
Inilah Aturan Bawa Barang Usai Melancong dari LN
Bea Cukai Sulawesi Musnahkan Rokok Ilegal Rp8,48 M
Bea Cukai Tembilahan Operasi Pasar Rokok Ilegal
BC Dorong Kenaikan Status Bandara Sultan Baabulah
5 Kontainer Miras Impor Ilegal Ditahan Bea Cukai
Bea Cukai Kediri Musnahkan Barang Ilegal
Bea Cukai Aceh: Penertiban Impor Perlu Kerja Sama

ke atas