NASIONAL

Minggu, 13 Agustus 2017 | 14:30 WIB

Jokowi Gregetan Serapan APBD Masih Rendah

Jokowi Gregetan Serapan APBD Masih Rendah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Beritajatim)


INILAHCOM, Jember - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal rencahnya serapan anggaran di sejumlah daerah Tanah Air, salah satunya Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berdasarkan laporan realisasi semester pertama Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember 2017, realisasi anggaran hingga paruh tahun ini hanya sebesar Rp939,417 miliar dari anggaran belanja Rp3,603 triliun.

Jumlah ini baru sebesar 26 persen dari jumlah anggaran yang ada. Untuk itu, Jokowi menegaskan dirinya menyiapkan sanksi bagi kepala daerah yang memiliki serapan anggaran rendah.


"Itu yang akan disiapkan, karena sampai hari ini saya lihat kemarin di rekening masih ada Rp220 triliun yang berada di rekening-rekening, baik di BPD (Bank Pembangunan Daerah) maupun di bank-bank lain. Nanti akan kami siapkan (sanksi)," ujar Jokowi di SMPN7, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017).

Kepala Negara pun mengingatkan, uang yang ada di anggaran APBD ini sangat ditunggu rakyat untuk realisasi pembangunan daerah mereka.

"Kalau uang itu bisa beredar di pasar, bisa beredar di daerah, itu akan sangat membantu sekali pertumbuhan ekonomi," pungkasnya. [berita jatim]
#Jokowi
BERITA TERKAIT
Jokowi Akui Indonesia Kebanyakan Aturan
Cerita Jokowi Kaget Saat Main Pingpong Virtual
Jokowi Hadiri Rembuk Nasional di Kemayoran
Jokowi Gelar Pertemuan Bareng Din di Istana
Pemerintah Masih Evaluasi Rencana Kerjasama WWF
Jokowi Kembali Kumpulkan Menteri di Istana
Saran Gubernur NTB ke Pemerintah Soal Ekonomi

ke atas