MOZAIK

Sabtu, 09 September 2017 | 00:52 WIB

Agar Sholat Khusyu

KH Abdullah Gymnastiar
Agar Sholat Khusyu
(Foto: Ilustrasi)
ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, menganugerahkan kepada kita kemampuan untuk memelihara sholat yang khusyu dan akhlak yang terpelihara. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita tahu bahwa sholat adalah kewajiban. Namun, kita akui bahwa untuk mencapai khusyu dalam sholat itu tidaklah mudah. Bahkan, ada orang yang tak sempat memikirkan khusyu dalam sholat, ia hanya merasa cukup dengan melaksanakan sholatnya saja. Padahal Allah memerintahkan sholat kepada kita adalah pasti untuk kebahagiaan dunia dan akhirat kita.

Mari kita simak kembali nasehat Luqman kepada putranya, sebagaimana difirmankan oleh Allah Swt,Hai anakku, dirikanlah sholat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).(QS. Luqman [31] : 17)


Ayat sebelumnya menjelaskan bagaimana Luqman yang menasehati putranya supaya tidak mempersekutukan Allah Swt. Jadi, nasehat Luqman mengenai sholat ini datang setelah nasehat beliau mengenai tauhiid yang lurus. Maka kita bisa memetik hikmah dari rangkaian ayat ini bahwa sholat yang khusyu bisa tercapai manakala kita telah mengenal Allah dengan baik dan meluruskan tauhiid kita terhadap-Nya.

Ketika kita sudah tahu dan mengerti kepada siapa kita sholat, kepada siapa kita sedang menyembah, dan kitapun mengerti betapa besarnya kekuasaan Dzat yang sedang kita sembah, maka disitulah kita bisa bertemu dengan satu kondisi hati bernama khusyu.

Semakin kenal dan yakin kepada Allah sebagai Dzat Yang Maha Kuasa, Maha Mengetahui, Maha Mendengar, Maha Melindungi, Maha Mencukupi Rezeki, Maha Mengampuni, makainsyaa Allahsholat kita akan semakin berkualitas. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah yang mampu dan terampil sholat dengan khusyu. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]
#inilahkehidupan #tausyiahkehidupan #aa gym
BERITA TERKAIT
Empat Jenis Pemarah
Orang yang Kikir
Kekayaan yang Sejati
Sembuhkan Penyakit Hati
Saat Merasa Lemah
Hikmah Memanah
Jika Merasa Sebagai Korban

ke atas