NASIONAL

Kamis, 07 September 2017 | 23:37 WIB

Polri Amankan 142 Kg Sabu Sindikat Internasional

Happy Karundeng
Polri Amankan 142 Kg Sabu Sindikat Internasional
(Foto: inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Brigjen Eko Daniyanto mengatakan pihaknya berhasil menangkap pengendali narkotika sindikat atau jaringan dari Malaysia, Aceh, Medan.

Dari operasi tersebut penyidik berhasil mengamankan 142 Kilogram Sabu. Dari sindikat Internasional ini, polisi berhasil mengamankan lima orang.

"Mereka adalah, MS (31) kurir, SW (24) kurir, MN (50) kurir, SD alias DIN kurir penerima dan penyimpang barang (gudang) dan AK alias ADEK pengendali narkotika," katanya di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Dari penangkapan itu petugas berhasil amankan 142 kilogram narkotika jenis sabu. Pengungkapan ini sendiri terjadi pada Jumat 5 Agustus 2017 lalu.

Ia menyebut, Tim NIC Dittipid Narkoba awalnya melakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka, MS dan SW. Aparat menemukan lima bungkus plastik yang berisikan sabu dengan total sekira lima Kilogram.

"Setelah penangkapan dua orang itu, kami melakukan pengembangan. Dalam 20 hari, aparat kembali menangkap MN. Penyidik menemukan sabu seberat tiga Kilogram Sabu. MN berperan sebagai kurir. Dan saat penangkapan ditemukan barang bukti," ungkapnya.


Selanjutnya, pada tanggal 31 Agustus 2017, pihaknya kembali menangkap tersangka lain berinisial SD alias DIN.

"Setelah diinterogasi, satu hari setelahnya, kita kembali mengamankan AK alias ADE dan SD alias DIN. SD alias DIN merupakan pengendali ini," ujar Eko.

Eko menjelaskan modus yang pakai tersangka yakni dengan cara mengemas barang haram itu ke dalam plastik teh Cina. Lalu dimasukkan ke dalam bagasi mobil dengan modus jual beli mobil bekas.

"Pengiriman melalui jalur darat dari Aceh ke Medan menggunakan mobil yang akan diperjualbelikan. Lalu, pengambilan barang melalui jalur laut Penang Malaysia, Aceh dan Medan," papar Eko.

Dari penangkapan itu, polisi berhasil menyita barang bukti berupa lima Kilogram Sabu, tiga Kilogram Sabu, 32 paket Sabu di dalam mobil, 59 paket narkotika di dalam mobil dan 43 paket Sabu.

"Atas perbuatannya para tersangka dijerat dengan Primair Pasal 114 ayay (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dengan ancaman pidana mati, penjara seumur hidup atau penjara minimal 6 tahun dengan denda minimal Rp 10 miliar. Selain itu, pelaku juga dijerat dengan, Subsidair Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Dengan ancaman pidana paling singkat lima tahun dan maksimal 20 tahun penjara, dengan denda Rp800 juta sampai Rp8 miliar," pungkas Eko.[jat]
#narkoba #sabu
BERITA TERKAIT
Polri Sebut Stok Ekstasi di Jakarta Sedang Menipis
600 Ribu Ekstasi Asal Belanda Dikendalikan Napi
600 Ribu Ekstasi Dikirim dengan Modus Mesin vakum
Ekstasi Asal Belanda Rencana Diedarkan ke Jakarta
600 Ribu Ekstasi Asal Belanda Gagal Diedarkan
6 Pelaku Ditangkap, 14,24 Gram Sabu Disita
Wanita Ini Jualan Es Kelapa Sembari Edarkan Sabu

ke atas