EKONOMI

Jumat, 08 September 2017 | 19:30 WIB

Perkembangan Proyek Setrum 35 Ribu Mw Baru 47%

Uji Sukma Medianti
Perkembangan Proyek Setrum 35 Ribu Mw Baru 47%
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta- Progres proyek pembangkit listrik 35.000 Megawatt (MW) sudah mencapai 47% pada tahap kontruksi. Sementara yang sudah mencapai tahap perjanjian jual beli/PPA lebih dari 50%.

"(35.000 MW) Sekitar 47% ya. Artinya dari sisi 47% itu adalah yang sudah masuk ke tahap konstruksi,"kata Nicke Widyawati, Direktur Perencanaan Strategis 1 PLN, saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Nicke bilang, perusahaan akan terus mengejar implementasi proyek dari proyek-proyek yang sudah melakukan penandatanganan perjanjian jual beli listrik atau Power Purchase Agreement (PPA).

"Yang sudah tanda tangan kan sekitar 26.000 MW dari 35.000 MW yang sudah tandatangan. Tahun ini dari 26.000 MW ini mungkin hampir semua masuk ke tahap konstruksi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Sofyan Basir menyatakan percepatan pembangunan proyek 35 ribu MW juga dipengaruhi oleh proses penetapan harga listrik antara PLN dan pengembang pembangkit listrik/IPP.

"Sekarang sudah sangat cepat urusnya, kalau dulu kan suka dispute di masalah harga tapi sekarang sudah teratasi," kata Sofyan. [fdl]

#pln #35ribumw #esdm #listrik #menterijonan
BERITA TERKAIT
Reformasi Tarif Setrum Biangnya Inflasi Tinggi
Bangun Jaringan Setrum di Bali, PLN Manut PHDI
DPR: Bangun Jaringan Gas, Gunakan APBN Pak Jonan
Keberpihakan Negara Terhadap PLN Diuji Batubara
YLKI: Harga Batubara untuk Listrik Tirulah Afsel
YLKI: Ujian Jonan di Harga Batubara Penentu TDL
Jonan Bagikan Lampu Hemat Energi di Papua Barat

ke atas