PASAR MODAL

Senin, 11 September 2017 | 12:30 WIB

SUN Masih Jadi Penopang Defisit Fiskal

Monica Wareza
SUN Masih Jadi Penopang Defisit Fiskal
Direktur SUN Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting (Foto: Istimewa)


INILAHCOM, Jakarta-Surat Utang Negara (SUN) diperkirakan masih akan menjadi penopang defisit fiskal di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)-Perubahan 2017.

Direktur SUN Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting mengatakan penerbitan SUN ini akan bisa menopang target defisit anggaran yang mencapai 2,67% tersebut. "Kondisi pembangunan infrastruktur kita harus dibiayai melalu SUN," kata Loto di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (11/9/2017).



Outstanding penerbitan SUN hingga saat ini telah mencapai RP3,088 triliun. dengan jumlah terbesar dari SBN yang mencapai Rp2.563,3 triliun, sedangkan Surat Berharga Syariah Negara (sukuk negara) senilai Rp524,7 triliun.


Selain itu, peningkatan jumlah penerbitan SUN ini juga sejalan dengan target pemerintah menegejar ketertinggala pembangunan infrastruktur dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Penerbita SUN ini juga digunakan untuk meningkatkan belanja kesehatan dan pendidikan. Sejalan dengan itu, para investor juga te;ah turut serta membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder dimana SBN ini juga digunakan sebagai sumber pembiayaan pembangunan nasional.

Selanjutnya, pada 29 September-19 Oktober 2017 mendatang pemerintah akan meluncurkan ORI014 di pasar perdana yang akan menjadi pilihan investasi selanjutnya di pasar sekunder.
#defisitapbn #APBN-p2017 #sun
BERITA TERKAIT
Bank Permata Sasar Semua Nasabah Tawarkan SUN
PermataBank Permudah Pembelian Surat Utang Negara
Harga Emas Naik Respon Krisis Korut
Harga Minyak Mentah Naik Respon Pertemuan OPEC
Dolar AS Memperpanjang Penurunan
Dow Jones Bebani Penguatan Wall Street
PT Ciputra Development Terbitkan MTN S$150 Juta

ke atas