DUNIA

Selasa, 12 September 2017 | 17:08 WIB

Paus Fransiskus Minta PBB Bantu Krisis Venezuela

Binar MP
Paus Fransiskus Minta PBB Bantu Krisis Venezuela
Paus Fransiskus (ist)
INILAHCOM, Vatikan - Paus Fransiskus, Senin (11/9/2017), meminta PBB untuk membantu Venezuela mengakhiri krisis ekonomi, politik dan sosial yang mematikan di sana.

"Yang paling menyakitkan adalah masalah kemanusiaan. Ada begitu banyak orang yang melarikan diri dan kesusahan," ujar Paus kepada jurnalis di dalam pesawat Kepausan saat perjalanan kembali dari kunjungan selama lima hari ke Kolombia.

"Itu adalah masalah kemanusiaan yang perlu diatasi, dan saya yakin PBB sudi membantu," katanya, seperti dikutip AFP.


Pada Minggu (10/9/2017), Paus Fransiskus menyampaikan doa khusus agar 'krisis parah' di Venezuela berakhir, yang telah menyebabkan kelangkaan makanan dan obat-obatan, serta bentrokan dalam protes antipemerintah yang menewaskan 125 orang dari April sampai Juli.

Ketua dewan legislatif negara Amerika Selatan itu meminta Paus agar menyampaikan kepada Presiden Nicolas Maduro agar mengizinkan bantuan makanan menjangkau orang-orang miskin.

Dia mencatat bahwa donasi yang dikirim ke Venezuela dalam beberapa bulan terakhir oleh organisasi seperti Caritas Chile belum diterima oleh pemerintahan Maduro.

Vatikan merupakan salah satu perantara dalam dialog selama sebulan lamanya antara pemerintah Venezuela dan oposisi, demikian AFP.
#paus #fransiskus #venezuela #vatikan
BERITA TERKAIT
AS Kecam Venezuela dalam Pertemuan DK PBB
Maduro: Venezuela Tak Akan Gagal Bayar Utang
Paus Fransiskus Larang Penjualan Rokok di Vatikan
Mnangagwa Resmi Jadi Presiden Baru Zimbabwe
Tidak Ada WNI Jadi Korban Serangan Masjid di Mesir
Masjid Mesir Diserang Saat Shalat Jumat, 235 Tewas
Putra Mahkota Saudi: Khamenei Adalah 'Hitler Baru'

ke atas