MOZAIK

Kamis, 14 September 2017 | 08:00 WIB

Masyarakat Jahiliyah Miliki Karakter Mulia

Masyarakat Jahiliyah Miliki Karakter Mulia
(Foto: Ilustrasi)
SALAH satu alasan Islam turun di tanah Arab adalah karena mereka memiliki karakter mulia. Sehingga mereka tidak butuh adaptasi yang lama untuk mengenal, memahami, dan menyebarkan Islam ke penjuru dunia. Islam tidak menokohkan seseorang dari apa yang ia kumpulkan (al-jamu) tapi dari apa yang ia berikan (al-badzlu). Renungkanlah firman Allah Taala ketika menyifati kemuliaan orang-orang Anshar:


Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) mencintai orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung. [Quran Al-Hasyr: 9].

Orang-orang Anshar lebih mengutamakan kebutuhan orang-orang Muhajirin yang baru saja hijrah daripada kebutuhan mereka sendiri (Tafsir Ibnu Katsir). Di situlah letak kemuliaan mereka. Bukankah ini al-badzlu? Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. (Muttafaqun alaih). Bukankah ini al-badzlu? [KisahMuslim]
#Terpuji #Akhlak #Rasulullah #Jahiliyah #Mulia
BERITA TERKAIT
Malam Jumat adalah Malam yang Mulia
Pernahkah Rasulullah Bersalah?
Meneladani Rasulullah dalam Memperlakukan Istri
Tak Banyak Amal Tapi Masuk Surga, Apa Bisa? (2)
Tak Banyak Amal Tapi Masuk Surga, Apa Bisa? (1)
Islam Sudah Ajarkan Cara Membuka Pintu Rezeki
Cepat Kaya dengan Menggandakan Uang

ke atas