TEKNOLOGI

Rabu, 13 September 2017 | 18:18 WIB

VW Siap Kucurkan Miliaran Euro untuk Mobil Listrik

VW Siap Kucurkan Miliaran Euro untuk Mobil Listrik
(ist)
INILAHCOM, Wolfsburg - Volkswagen tengah berupaya meningkatkan peralihan ke mobil listrik dan berencana menginvestasikan lebih dari 20 miliar euro atau sekitar Rp315 triliun untuk kendaraan tanpa emisi itu hingga 2030 demi menantang Tesla dalam menciptakan pasar massal.

Produsen mobil terbesar di dunia asal Jerman itu akan meluncurkan 80 mobil listrik baru untuk semua brand di bawah naungan Volkswagen Group pada 2025, naik dari target sebelumnya sebesar 30 model, dan ingin menawarkan versi listrik dari semua 300 model dari grup mereka pada 2030.

Sebelumnya, Volkswagen mengatakan akan menghabiskan lebih dari 10 miliar euro pada 2025 untuk proses perpindahan ke kendaraan listrik.

Hingga dua tahun lalu saat diketahui melakukan kecurangan uji emisi diesel AS, Volkswagen melambat dalam perpindahan ke mobil listrik dan teknologi mobil otonom.


Namun skandal 'dieselgate' itu memicu terjadinya proses perpindahan yang strategis, saat kemajuan besar dalam teknologi baterai dan pertarungan global melawan pencemaran udara setelah terbongkarnya skandal Volkswagen, telah menimbulkan tekanan terhadap produsen mobil untuk mempercepat pengembangan alternatif nol emisi.

"Sebuah perusahaan seperti Volkswagen harus memimpin, bukan mengikuti," kata Matthias Mueller, CEO Volkswagen Group Matthias Mueller saat meluncurkan 'Roadmap E'.

Produk Volkswagen yang disebut-sebut bernama I.D. akan bersaing dengan mobil Tesla termurah, yaitu sedan Model 3 seharga US$35.000.

Sementara itu, perusahaan otomotif Jerman lainnya, Daimler, mengatakan bahwa mereka tengah menyiapkan mesin dengan motor listrik untuk semua mobil Mercedes-Benz pada 2022, meskipun mereka mengingatkan bahwa pergeseran ke mobil listrik dengan margin rendah memerlukan penghematan biaya tambahan.

Sedangkan BMW, yang meluncurkan mobil listrik i3 pada 2013, mengatakan telah menyiapkan pabrik sebagai tempat produksi kendaraan listrik secara massal pada 2020 dan akan memiliki 12 model bertenaga baterai murni pada 2025, demikian laporan Reuters.
#VW #Volkswagen #mobillistrik
BERITA TERKAIT
VW Pertimbangkan Produksi Beetle Versi Elektrik
VW Berencana Bangun Pabrik SUV di Argentina
Daihatsu Terios Baru Resmi Meluncur, Ini Ubahannya
Peretas Curi Data Puluhan Juta Pengguna Uber
Samsung Konfirmasi Kehadiran Ponsel Lipat Galaxy X
Ada Program "Trade In" di Toko Ponsel Xiaomi
Kembangkan Chatbot, LINE Akuisisi TemanJalan

ke atas