EKONOMI

Rabu, 13 September 2017 | 12:08 WIB

Hasrat Jokowi di Mobil Listrik

M Fadil Djailani
Hasrat Jokowi di Mobil Listrik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat berhasrat Indonesia memiliki sebuah mobil listrik sendiri, apalagi saat ini ketersedian bahan bakar minyak (bbm) makin menipis bagi kendaraan konvensional.

"Presiden mendorong sangat kuat untuk implementasi mobil listrik," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan yang mewakili Presiden Jokowi dalam pembukaan 6th IndoEBTKE ConEx di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Bahkan kata Jonan, Presiden telah mengintruksikan khusus kepada dirinya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, untuk segara membuat rancangan peraturan ini.


"Makanya dua bulan lalu Pak Presiden menugaskan kami untuk membuat rancangan peraturan tentang mobil listrik," ujarnya.

Jonan juga bilang kebijakan ini merupakan komitmen pemerintah terhadap pemanfaatan energi terbarukan dalam rangka mencapai target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Apalagi kata Jonan saat ini konsumsi bbm makin meningkat seiring makin banyaknya kendaraan yang lalu lalang di jalan, bahkan untuk mencukupi kebutuhan tersebut, pemerintah terpaksa untuk mengimpor bbm dari negara lain.

"Kalau ada mobil listrik, energi primernya bisa berasal dari energi terbarukan mulai dari geothermal, surya, hydro dan juga dari energi fosil yang kita punya, yaitu gas bumi dan batu bara. Ini penting untuk mendorong energy security di dalam negeri," kata mantan Menteri Perhubungan tersebut. [uji]
#MobilListrik #Jokowi #SubsidiBBM
BERITA TERKAIT
Keberhasilan Pengelolaan Gambut RI Mendunia
Jokowi Desak UE Hentikan Diskriminasi Kelapa Sawit
Jokowi Ingin Keterbukaan Ekonomi ASEAN-Kanada
ASEAN dan Hong Kong Sepakati Perdagangan Bebas
KTT ASEAN+3 akan Bahas Ketahanan Pangan
Bertemu Dahlan Iskan, Jonan Bahas Mobil Listrik
Pengusaha Properti Dukung Padat Karya Jokowi

ke atas