MOZAIK

Kamis, 14 September 2017 | 14:00 WIB

7 Alasan Kita Harus Belajar Bahasa Arab

7 Alasan Kita Harus Belajar Bahasa Arab
(Foto: Ilustrasi)


IBNU Taimiyah rahimahullah menyatakan tentang hukum mempelajari bahasa Arab, Dan juga perlu dipahami bahwa bahasa Arab itu sendiri adalah bagian dari agama. Mempelajarinya adalah fardhu wajib. Karena untuk memahami Al-Quran dan As-Sunnah itu wajib. Memahaminya tidaklah bisa kecuali dengan memahami bahasa Arab. Sedangkan kaedah menyatakan, Sesuatu yang wajib yang tidak bisa terpenuhi kecuali dengannya, maka itu dihukumi wajib. Kemudian untuk mempelajarinya tadi, ada yang hukumnya fardhu ain dan ada yang hukumnya fardhu kifayah. (Iqtidha Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527)

Ada beberapa riwayat yang juga dibawakan oleh Ibnu Taimiyah. Diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Abi Syaibah, Umar pernah menulis pada Abu Musa, Pelajarilah As-Sunnah dan pelajarilah bahasa Arab, serta irablah Al-Quran. Ingatlah Al-Quran itu dengan bahasa Arab. Umar radhiyallahu anhu juga pernah berkata, Pelajarilah bahasa Arab karena ia bagian dari agama kalian. Pelajarilah hukum waris, ia juga bagian dari agama kalian.




Mempelajari bahasa Arab -kata Ibnu Taimiyah- bertujuan agar faqih dalam ucapan. Sedangkan menurut beliau, mempelajari sunnah Nabi bertujuan supaya faqih dalam amalan. Sedangkan dalam diin itu terdiri dari ucapan dan amalan. Lihat bahasan Iqtidha Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527-528. Ada beberapa alasan kenapa kita lebih baik menguasai bahasa Arab? Kami ringkaskan dari apa yang kami pahami dari perkataan Ibnu Taimiyah rahimahullah:

1. Bahasa arab adalah syiar Islam dan syiar umat Islam. Dan kita tahu bahwa bahasa merupakan sebaik-baiknya syiar.
2. Sebagian fuqaha melarang berdoa dalam shalat dan juga berdzikir dengan bahasa non-Arab.
3. Membiasakan diri dengan bahasa Arab akan berpengaruh amat kuat pada cara berpikir (logika), akhlak, dan agama.
4. Membiasakan diri dengan bahasa Arab akan membuat kita serupa dengan sahabat, dan tabiin. Sehingga kita bisa meniru cara berpikir, cara beragama dan akhlak mulia mereka.
5. Mempelajari bahasa Arab adalah bagian dari agama.
6. Untuk memahami Al-Quran dan As-Sunnah dengan baik wajib dengan mempelajari bahasa Arab. Walaupun ada yang sifatnya fardhu ain dan fardhu kifayah.
7. Belajar bahasa Arab akan membuat seseorang semakin baik (semakin faqih) dalam ucapan. (Disarikan dari Iqtidha Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 519-528)

Semoga bermanfaat. [Referensi: Iqtidha Ash-Shirath Al-Mustaqim. Cetakan kedelapan, tahun 1421 H. Ahmad bin Abdul Halim bin Abdus Salam bin Taimiyah. Penerbit Maktabah Ar-Rusyd/Muhammad Abduh Tuasikal]
#BahasaArab #UlamaSalaf #Hadis #Alquran
BERITA TERKAIT
(Syair) Yang Telah Jauh dari Jiwanya Sendiri
Rahasia Keberangsuran dalam Penciptaan Makhluk
Awas! Pahalamu Bisa Terkikis Tanpa Disadari
Sudah Potong Kuku? Ini Batas Maksimal dalam Islam
Awas! Ini Cara Duduk Orang yang Dimurkai
Untuk Kamu yang Salatnya Masih Bolong-Bolong
Terlupa Salat? Ini Tata Cara Menggantinya (Qada)

ke atas