NASIONAL

Kamis, 14 September 2017 | 13:07 WIB

Jokowi Sayangkan Durasi Baca Anak Berkurang

Ray Muhammad
Jokowi Sayangkan Durasi Baca Anak Berkurang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Inilahcom)
INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak pentingnya Perpustakaan Nasional sebagai wahana untuk meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017) pagi.

"Saya perlu mengingatkan kepada kita semuanya bahwa masa depan Perpusnas itu artinya bagaimana meningkatkan minat baca kepada anak-anak kita, kepada generasi Y generasi Z yang memiliki pola pikir dan perilaku jauh berbeda dengan generasi generasi sebelumnya," ujar Jokowi.


Kepala Negara menegaskan, perlunya tetap membaca buku ditengah kemajuan era digital saat ini yang membuat generasi penerus bangsa lebih gemar berinteraksi dengan gawai mereka.

"Mereka sekarang lebih senang baca tulisan atau baca berita di smartphone atau di tablet. Saya keliling ke kampus-kampus, saya tanya berapa banyak dari mereka yang masih baca koran, (media) cetak saya dapat memastikan sudah sangat berkurang sekali," katanya.

Disamping itu, Jokowi juga menyayangkan pendeknya durasi membaca anak-anak Indonesia yang saat ini terbilang pendek dibandingkan interaksi di dunia maya.

"Durasi membaca mereka juga semakin pendek. Karena rata-rata dalam tiga menit pertama, tulisannya sudah tidak menarik dibaca, tidak menarik langsung tidak mau baca sisanya. Polanya sudah seperti itu. Bahkan, kalau judulnya saja sudah tidak menarik, judul ini sekarang penting sekali. Kalau sudah tidak menarik langsung dilewati. Kalau bukunya susah dicari pasti mereka juga tidak mau baca," tandasnya. [rok]
#Jokowi
BERITA TERKAIT
Istana Tegaskan tak Larang Anis Dampingi Jokowi
Misbakhun Bersaksi, Jokowi dan Anies Akrab Sekali
Cawapres Jokowi, Bamsoet: Cak Imin atau AHY Bagus
Penting, Cawapres Jokowi Berlatar Belakang Santri
Kekuatan Jokowi Bisa Dilihat dari Hasil Pilgub
Duet Jokowi-Prabowo di 2019, Ini Kata PKS
Kemungkinan Kalahkan Jokowi Pada 2019 Masih Besar

ke atas