NASIONAL

Kamis, 14 September 2017 | 13:50 WIB

Jokowi Akan Diam-Diam Coba Fasilitas Perpusnas

Ray Muhammad
Jokowi Akan Diam-Diam Coba Fasilitas Perpusnas
Presiden Joko Widodo (Foto: Inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Perpustakaan Nasional RI untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan era digital saat ini.

"Saya ingatkan juga kepada Perpusnas RI, jangan cepat puas dengan peresmian ini. Karena yang namanya digital, namanya destruktive inovation itu perkembangannya setiap saat, setiap jam, setiap menit dan setiap detik selalu berkembang. Selalu ada perubahan," kata Jokowi saat meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).



Kepala Negara pun meminta Perpusnas memperhatikan dan mempelajari bagaimana masyarakat Indonesia saat ini membaca buku sesuai dengan tren kekinian.

Pasalnya, saat ini orang Indonesia dapat lebih memudah membaca apa yang mereka inginkan, bahkan lebih interaktif melalui media live streaming.

"Karena dengan klik mereka bisa baca berita apapun, klik mereka bisa lihat live streaming, klik mereka bisa lihat video apapun, klik mereka juga bisa langsung masik ke Netflix. Sehingga, berita apapun dalam waktu yang sangat cepat bisa mereka baca," ujarnya.


Ia menilai kecepatan sistem dan melayani saat ini menjadi sebuah hal yang sangat penting, terutama bagi generasi milenial yang menjadi masyarakat dominan.

"Karena generasi sekarang, generasi Y dan Z mau apa-apa tinggal klik. Kita juga sudah sama, mau pesan gado-gado klik, pesan sate kambing klik, setengah jam datang lewat Go Food. Mau barang juga tinggal klik, mau baca buku, baca artikel pasti ini juga klik. Sudah, pegangannya hanya ini saja. Semuanya sudah serba digital dan itu sudah jadi bagian hidup mereka," tuturnya.

Presiden RI pun menyambut baik inisiatif Perpusnas yang sudah mulai memanfaatkan teknologi digital, mulai dari e-book, e-resources, e-journal dan lainnya.

"Saya senang sekali perpusnas sekarang sudah mulai pengembangan serba digital serba elektronik. Tapi saya mau tes dulu nanti, benar tidak sudah full digital atau baru namanya saja yang elektronik. Nanti saja diam-diam saya suruh orang coba layanan di Perpusnas ini. Harus dites benar tidak sudah gampang untuk meminjam dan mengembalikan buku, benar tidak sudah bisa diakses koleksi digitalnya melalui smartphone," paparnya.

Ia pun menegaskan, revolusi digital merupakan kunci kemajuan suatu negara agar tidak tertinggal. Menurutnya, inovasi digital adalah bentuk langkah untuk mengembangkan bangsa Indonesia.

"Sekarang ini memang sudah erannya terobosan-terobosan digital, destruktive inovation yang sudah banyak terjadi di berbagai bidang. Semuanya bergerak berkembang dengan cara yang tidak diduga inovasinya. Cepat sekali dan kalau kita tidak ikut berubah, kita tidak cepat melakukan revolusi digital, ya ditinggal," tandasnya. [rok]
#Jokowi
BERITA TERKAIT
Pemerintah Targetkan BSSN Rampung Tahun Ini
Ini Alasan Jokowi Kerap Absen di Sidang Umum PBB
Jokowi Minta Pemda Alokasikan Dana untuk Guru PAUD
Pesan Jokowi untuk Guru PAUD Cetak Generasi Bangsa
Guru PAUD Curhat ke Jokowi Minta Digaji
Jokowi-Iriana Joget Marumere di Pelatihan PAUD
Jokowi Akan Hadiri Jambore Peternakan di Cibubur

ke atas