DUNIA

Kamis, 14 September 2017 | 17:25 WIB

Panda Tertua di Dunia Mati pada Usia 37 Tahun

binar mp
Panda Tertua di Dunia Mati pada Usia 37 Tahun
(Foto: istimewa)


INILAHCOM, Shanghai - Basi, seekor Panda tertua di dunia dalam penangkaran mati pada berusia 37 tahun atau setara dengan satu abad lebih usia manusia, kata keterangan pemelihara sang panda di China pada Kamis (14/9/2017).

Basi hidup hampir dua dekade lebih lama dibandingkan panda-panda lain di alam liar yang rata-rata rentang hidupnya sekitar 20 tahun, tapi panda di penangkaran umumnya hidup lebih lama.



Basi menjadi bintang kesayangan di China dan hari ulang tahunnya sering kali dirayakan secara meriah.

Stasiun televisi pemerintah pada Kamis menyiarkan langsung upacara pemakaman Basi di satu kebun binatang di bagian tenggara China.


"Dengan berat hati, kami mengumumkan hari ini model asli 'Panpan', maskot Asian Games pertama (di China tahun 1990), dan malaikat persahabatan baik di dalam maupun luar negeri, panda raksasa Basi tutup usia pukul 08.50, 13 September 2017, pada usia 37 tahun," kata Straits Giant Panda Research and Exchange Center di Fuzhou sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Basi tinggal di kebun binatang itu sejak diselamatkan dari alam liar setelah ia terjatuh ke sungai di wilayah barat daya China saat berusia sekitar empat atau lima tahun. Ia dinamai Basi seperti nama lembah tempat ia ditemukan.

Basi sempat tinggal di luar negeri ketika ia dipinjamkan ke Kebun Binatang San Diego selamat enam bulan pada 1987.

Panda raksasa tingkat reproduksinya sangat rendah. Kondisi itu, bersamaan dengan hilangnya habitat, merupakan kontributor utama yang menjadikannya termasuk dalam Daftar Merah spesies yang rentan terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature's (IUCN).

Beruang hitam putih, yang melambangkan upaya perlindungan margasatwa seluruh dunia, sudah diklasifikasikan sebagai spesies terancam punah.
#panda
BERITA TERKAIT
'Nenek Panda' Rayakan Ulang Tahun ke-35
Kim Jong-un Sebut Donald Trump Gila
Kapal Migran Tenggelam di Tripoli 90 Orang Hilang
Victoria University & UI Perkenalkan E-Government
Paus Fransiskus Tak Akan Ampuni Pastor Pedofil
Angela Merkel Dikirimi Surat Ancaman Berisi Pisau
Trump Layangkan Pujian pada Erdogan

ke atas