PASAR MODAL

Senin, 25 September 2017 | 06:06 WIB
Highlight

IHSG Bisa Cetak Rekor Manfaatkan Sikap BI

Wahid Ma'ruf
IHSG Bisa Cetak Rekor Manfaatkan Sikap BI
(Foto: inilahcom)
1 2


INILAHCOM, Jakarta - Bauran dari berbagai sentimen ini akan membuat IHSG bergerak bervariasi pada pekan ini. Secara teknikal, kondisi IHSG terlihat masih relatif bergerak datar.

Menurut praktisi pasar modal, Stefanus Mulyadi Handoko, IHSG masih mencoba melewati resisten konsolidasinya di 5.916. Jika dapat ditembus maka IHSG berpeluang menuju target terdekat di 5.950 sebagai level resisten pekan ini.

"Nantinya apabila reli kenaikan IHSG berlanjut, maka IHSG berpotensi menuju level kisaran 6.000-6.020 sebagai target selanjutnya. Sementara untuk support IHSG pekan ini diperkirakan akan berada di kisaran 5.833," katanya Minggu (25/9/2017).

Indikator teknikal MACD bergerak mendatar cenderung naik di atas centreline, dengan histogram bar hijau meningkat. "Kondisi ini menunjukan bahwa IHSG masih dalam pola sideways dengan kecenderungan menguat dalam jangka pendek."


Keputusan BI untuk menurunakan BI 7 day repo rate sebesar 25 bps menjadi 4,25%, akan menjadi sentimen positif bagi IHSG di awal pembukaan perdagangan pekan ini. Namun penguatan 6 hari berturut-turut dapat membuka peluang untuk terjadinya profit taking sesaat akibat sell on news.

"Untuk senin awal pekan ini, IHSG diperkirakan akan bergerak di support 5884 dan resisten di 5938. Sementara untuk sepanjang pekan ini, IHSG diprediksikan masih memiliki potensi penguatan lebih lajut tapi kemungkinan terbatas."

Untuk pekan ini tidak ada data ekonomi dan kejadian penting dari dalam negeri. Sementara dari luar negeri, pekan ini cukup banyak agenda dan kejadian ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar.

Berikut ini adalah data ekonomi dari luar negeri yang perlu diperhatikan, hari Senin tentang Pernyataan Gubernur BOJ Kuroda, Rilis data iklim bisnis Jerman, Pernyataan Presiden ECB Mario Draghi. Hari Selasa, Rilis data keyakinan konsumen dan penjualan rumah baru AS, Pernyataan Ketua Fed Janet Yellen.

Untuk hari Rabu, rilis data durable goods dan persediaan minyak AS. Hari Kamis, pernyataan Gubernur BOJ Kuroda, Rilis data. Keyakinan bisnis zona eropa, Rilis data inflasi Jerman, Pernyataan Gubernur BOE Carney, Rilis data GDP dan klaim pengangguran AS. Hari Jumat, rilis data inflasi dan tingkat pengangguran Jepang, Rilis data transaksi berjalan, kepercayaan konsumen dan GDP Inggris, Rilis data tenaga kerja Jerman, Pernyataan Presiden ECB Draghi, Pernyataan Gubernur BOE Carney.
#BursaSaham #IHSG #DolarRupiah #DolarAS
BERITA TERKAIT
(Ulasan Sepekan) Empat Hal Selamatkan IHSG Pekan Ini
Jerome Powell Calon Terkuatgantikan Yellen di Fed?
Inilah Skandal Bisnis Perusahaan Jepang
Ini Cara Memicu Pendapatan Tambahan
Harga Emas Melemah Tertekan Gerakan Dolar AS
Harga Minyak Nyaris Stabil dalam Seminggu
Dolar Naik Tajam Respon Kongres AS

ke atas