GAYA HIDUP

Rabu, 27 September 2017 | 12:27 WIB

4 Tips Perjalanan Menyenangkan dengan Kereta Api

4 Tips Perjalanan Menyenangkan dengan Kereta Api
(Foto: Istimewa)


KERETA API api bukanlah moda transportasi yang asing lagi bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Kemampuannya memangkas waktu, menjadi alasan utama warga kota memilih naik kereta api menuju destinasi mereka.

Tentu saja, terdapat beberapa perbedaan antara kereta api antarkawasan (komuter) dengan kereta api antarprovinsi. Dari penyebutannya saja, Anda sudah bisa mengenali bahwa jangkauan komuter hanya kawasan-kawasan strategis.

Sementara kereta api antarprovinsi, mampu membawa Anda melintasi kabupaten dan kota di luar rute Anda sehari-hari. Perbedaan komuter dan kereta api antarprovinsi selanjutnya adalah cara pemesanan dan penggunaan tiket. Kalau komuter mengenal istilah Tiket Harian Berjaminan dan Multitrip Ticket, maka kereta api antarprovinsi memiliki kertas bukti penukaran tiket.

Untuk tiket kereta api antarprovinsi, pemesanan tiket kereta bisa dilakukan secara online di Traveloka.com. Misalnya Anda memesan tiket untuk rute Bandung-Surabaya, maka Anda bisa mengetahui langsung ketersediaan kursi dari Aplikasi Kereta Api yang tersedia di Google Play tersebut.

Apabila kursi untuk keberangkatan pada jam tertentu sudah penuh, keterangan Tidak Tersedia segera tampil di layar. Jika masih ingin berangkat pada hari yang sama, Anda bisa memilih jam keberangkatan lainnya. Atau, jika tidak diburu waktu, Anda cukup mengubah saja hari keberangkatan melalui Traveloka.

Selain ketersediaan tiket kereta api online di Traveloka, kemampuan mengubah jadwal keberangkatan, dan fasilitas penunjang perjalanan jarak jauh, ada beberapa hal penting lain yang harus Anda perhatikan:

Empat tips penting agar liburan dengan kereta api semakin nyaman, berkesan, dan menyenangkan, antara lain:

1. Jadwalkan dengan tepat



tepat waktu - pixabay.com

Bukan hanya merencanakan tanggal pemesanan dan menentukan tanggal keberangkatan, Anda juga harus menjadwalkan perjalanan liburan secara menyeluruh. Sebab penjadwalan liburan ini berurusan secara langsung dengan ketersediaan tiket.

Apabila Anda hendak melakukan perjalanan pada musim liburan sekolah, sekitar bulan Juni-Agustus dan Desember-Januari, berarti Anda perlu bersiaga mengamati pemesanan tiket di Traveloka, sejak bulan Maret dan September.

Di musim liburan tersebut, ada kemungkinan tiket akan cepat habis dan harganya relatif lebih mahal. Jadi, semakin jauh jarak pemesanan tiketnya, semakin aman pula tiket kereta dalam genggaman Anda.

Lain urusan kalau Anda memutuskan berwisata dengan kereta api di luar musim liburan. Pemesanan seminggu sebelum tanggal keberangkatan pun, biasanya tidak jadi masalah. Namun, usahakanlah untuk datang tepat waktu ke stasiun.

Jangan salah gunakan hak Anda sebagai penumpang untuk menunda maupun mengganggu jadwal keberangkatan kereta api, ya.


2. Sesuaikan destinasi dan barang bawaan



Koper - pixabay.com

Penjadwalan yang tepat akan memudahkan Anda menentukan jumlah barang bawaan. Untuk berlibur selama lima hari, rasanya Anda cukup membawa satu koper kecil dan ransel saja.

Bawalah dry bag atau plastik untuk memisahkan baju habis pakai. Sisipkan juga obat-obatan pribadi, perlengkapan perawatan tubuh, dan gadget dalam pouch khusus. Tempatkan kartu-kartu identitas dalam tempat yang aman dan mudah dijangkau untuk melancarkan proses pemeriksaan. Terakhir, bawalah bekal makanan yang sesuai dengan waktu tempuh perjalanan Anda.

3. Sedia kuota internet



Internet - pixabay.com

Daya tarik utama dari perjalanan dengan kereta api, adalah kenyamanan menggunakan gadget. Untuk mencegah rasa bosan ketika Anda kesulitan memejamkan mata, siapkanlah kuota internet yang sesuai dengan paket data ponsel maupun modem. Selanjutnya, silakan menikmati komik di LINE Web Toon atau vloging pengalaman berkendara Anda di Instagram dan Twitter.

4. Tetap berhati-hati



Pengemudi - pixabay.com

Keamanan dan keselamatan adalah jaminan utama dari kenyamanan berkendara kereta api. Namun, tidak ada salahnya Anda juga menjaga diri dengan tetap berhati-hati menjaga barang bawaan.

Selalu taruh smartphone dan dompet di tempat yang mudah Anda jangkau ketika mata mulai lelah dan mengantuk. Selain menjaga keselamatan diri sendiri, sikap berhati-hati selama perjalanan juga akan menghindari fitnah, jika sewaktu-waktu penumpang lain kehilangan barangnya di dalam gerbong.

Berwisata dengan kereta api akan selalu menawarkan pengalaman yang menarik. Untuk itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk menciptakan pengalaman berkesan bersama keluarga dan sahabat. Ayo, ajak mereka berlibur menggunakan kereta api! [*]
#Traveloka #KeretaApi
BERITA TERKAIT
PPLIPI Tingkatkan Solidaritas Antar Perempuan
Kacang Hijau dan Daun Adas Picu Produksi ASI
Museum Blanco Raih Penghargaan ISTA 2017 Kemenpar
Metode Pengobatan Kanker Ini Beri Harapan Baru
(Cheriatna, Pendiri PT Cheria Halal Holiday) Bisnis Wisata Halal Tak Pernah Sepi
Bolu Joeang, Oleh-oleh Ariel Tatum dan Dion Wiyoko
Kopi Jo, Sensasi Khas Ramuan Rempah yang Kaya Rasa

ke atas