EKONOMI

Kamis, 05 Oktober 2017 | 17:36 WIB
(Stok Beras Medium Menipis)

Kemendag Perintahkan Bulog Lakukan Operasi Pasar

Kemendag Perintahkan Bulog Lakukan Operasi Pasar
(Foto: istimewa)


INILAHCOM, Jakarta- Kementerian Perdagangan bakal tugaskan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar (OP) beras kualitas medium menyusul menipisnya stok di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

"Kita mau Rakortas terlebih dahulu, tapi saya sudah menyiapkan suratnya, untuk menugaskan Perum Bulog melakukan operasi pasar," kata Tjahya, di Jakarta, Rabu (5/10/2017).

Menurut Tjahya, saat ini, Perum Bulog memiliki stok yang masih mencukupi untuk melakukan operasi pasar. Jumlah beras kualitas medium yang akan digelontorkan untuk operasi pasar tersebut masih akan dibicarakan terlebih dahulu. "Jumlahnya kita lihat nanti. Tidak harus langsung sebanyak 75 ribu ton, secara bertahap. Beras medium di Cipinang itu berkurang," kata Tjahya.


Sebelumnya melalui Permendag Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras,Kemendag telah membagi kualifikasi beras menjadi medium, premium dan khusus.

Dalam beleid itu, diatur harga untuk beras medium dan premium berdasarkan wilayah produsen beras. Beras medium adalah beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 25 persen.

Sementara untuk beras premium adalah beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh 95%, kadar air maksimal 14% dan butir patah maksimal 15%. [tar]
#Kemendag #Perdagangan #MendagEngga #Beras #Bulog
BERITA TERKAIT
Sukses Besar TEI 2017 karena Pasar Non-Tradisional
Bidik Pasar Afrika, Indonesia Rangkul Nigeria
KBRI Hanoi Dorong 21 Bos Potensial Sambangi TEI
Aussie Minta Barter Bea Masuk Gratis 3 Komoditas
Prioritas Jokowi Bangun Infrastruktur Mulai Terasa
Buka TEI, Jokowi Ungkap 3 Jurus Kerek Perdagangan
2 Menteri Ini Tugaskan Bulog OP 75 Ribu Ton Beras

ke atas