GAYA HIDUP

Jumat, 06 Oktober 2017 | 21:08 WIB

Bugar di Usia 80 Tahun, Ini Rahasia Titiek Puspa

Aris Danu
Bugar di Usia 80 Tahun, Ini Rahasia Titiek Puspa
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)
INILAH.COM, Jakarta-Artis serba bisa Titiek Puspa masih terlihat sehat dan bugar meski usianya sudah memasuki 80 tahun. Legenda hidup Indonesia ini punya kiat-kiat khusus agar badannya tetap bugar di usia senja.

"Saya biasa lakukan meditasi, itu sudah paling gampang. Caranya duduk posisi tegak lalu lidah ditekuk ke atas belakang nafas pelan-pelan," kata perempuan yang akrab disapa Eyang Titiek itu saat ditemui di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/2017).

Pemilik nama asli Sudarwati itu biasa melakukan meditasi selama satu jam setiap harinya. Usai meditasi, ia lanjutkan dengan menggosokkan tangan dan menempelkannya ke wajah.

"Kalau ada ludah itu telan karena itu enzim, lalu minum air putih," imbuhnya.


Kegiatan meditasi itu ia lakukan sepulang berobat ke Singapura beberapa waktu silam. Ketika itu, ia berobat di Negeri Singar untuk penyembuhkan kanker serviks yang dideritanya.

Menurut perempuan kelahiran 1 November 1937 itu, penyakit kanker yang dideritanya secara perlahan menghilang berkat meditasi rutin. Sampai saat ini, ia masih rutin melakukan meditasi meski kankernya dinyatakan sembuh.

"Ini benar-benar terjadi pada diri saya setelah 13 kali. Dokter bilang sudah sembuh saya enggak percaya. Ternyata benar," ujar artis segala zaman itu.

Tidak hanya meditasi, namun Eyang Titiek juga rutin melakukan olah raga untuk seperti bersepeda dan senam ringan.

"Tapi olah raganya jangan keseringan kalau sudah tua. Makan daging juga saya satu bulan sekali. Lebih banyak sayur dan buah," demikian Titiek Puspa. [adc]
#TitiekPuspa #RahasiaBugar
BERITA TERKAIT
Prudential Indonesia Gandeng Premier Hospital
Dorong Vaksin HPV Sebagai Program Vaksin Nasional
Kebiasaan Makan Tidak Sehat Pengaruh dari Iklan?
Minuman Berenergi Tidak Lebih Baik dari Soda?
Menyusui Dapat Turunkan Risiko Diabetes dan Kanker
Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV
Wisata di Jogja yang Bikin Pelancong Kesengsem

ke atas