NASIONAL

Minggu, 08 Oktober 2017 | 21:02 WIB

Ribuan Polisi Disiagakan untuk Amankan Pilkades

Ribuan Polisi Disiagakan untuk Amankan Pilkades
(Foto: inilahcom/ilustrasi)


INILAHCOM, Pamekasan - Sebanyak 1.500 personel polisi diterjunkan oleh Polres Pamekasan, Jawa Timur. Ribuan polisi itu untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar pada 11 Oktober 2017.

Ribuan personel itu berasal dari gabungan berbagai satuan dan personel bantuan dari unsur TNI, dan Satpol-PP Pemkab Pamekasan.

"Mereka ini akan bertugas melakukan pengamanan pelaksanaan pilkades serentak di 13 desa di Pamekasan ini," ujar Kapolres Pamekasan AKBP Nuwo Hadi Nugroho di Pamekasan, Minggu (8/10/2017).

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja menerjunkan personel dalam jumlah banyak, untuk mengantisipasi hal terburuk yang akan terjadi di lapangan.

Tahapan pengamanan akan dilakukan saat malam pencobloson dan pergeseran pasukan akan dilakukan sehari sebelum pelaksanaan pilkades.


"Jadi sore hari H-1 pelaksanaan pilkades, personel harus sudah tiba di lokasi pelaksanaan," katanya, menjelaskan.

Dalam kesempatan ini juga meminta semua pihak, termasuk para tokoh masyarakat bisa ikut membantu petugas dalam upaya menciptakan suasana kondusif di lapangan.

"Peran aktif tokoh masyarakat dan ulama sangat kami harapkan untuk bisa menciptakan suasana aman pada pelaksanaan pilkades serentak di Pamekasan," ujarnya, menjelaskan.

Selain situasi yang kondusif, menurut kapolres yang juga akan menjadi perhatian polisi saat pelaksanaan pilkades serentak nanti, adalah praktik perjudian.

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak main-main dengan perjudian, dan kami telah menyebarkan intelijen melalui polsek dan Babinkamtibmas yang ada di desa," kata dia. [tar]
#Polisi #Pilkades
BERITA TERKAIT
Bea Cukai dan Polri Tangkap Penyelundup 30 Kg Sabu
(Digerebek Polisi) Pejudi Sabung Ayam Kabur Tinggalkan Motornya
Polri Usut Oknum Penganiaya Wartawan di Banyumas
885 Polri/TNI Amankan Pilkades di Pasuruan
Hilang 4 Hari, Bocah SD Ternyata Tewas Dibunuh
Keputusan Golkar Dukung Ali Mazi Sudah Final
'Keganasan' Gerbong Commuter Line Khusus Wanita

ke atas