MOZAIK

Selasa, 10 Oktober 2017 | 00:14 WIB

Doa Indah untuk Kemudahan Hidup

KH Ahmad Imam Mawardi
Doa Indah untuk Kemudahan Hidup
(Foto: Ilustrasi)
DALAM pengajian-pengajian, sering sekali saya mendengar doa ini dibacakan oleh para tokoh agama. Saya senang dan menikmati doa ini dengan penuh kesadaran bahwa hidup ini selalu saja bertemu dengan hal yang menyulitkan. Berikut bunyi doanya:

"Wahai Dzat Yang Maha Memudahkan setiap yang sulit. Wahai Dzat yang semua yang sulit bagi-Nya menjadi mudah. Mudahkanlah bagiku segala yang sulit, karena memudahkan semua yang sulit bagi-Mu adalah sangat mudah."


Dalam hidup ada beragam jenis kesulitan, mulai dari masalah ekonomi, sosial, kerja dan lain sebagainya. Dalam hidup ini juga ada beberapa jenis respons manusia atas kesulitan hidupnya, ada yang diam bersabar, ada yang marah dan ada pula yang tiada henti mengeluh. Yang tiada berhenti mengeluh itu ada tiga kelompok: mengeluh kepada Allah, mengeluh kepada manusia, dan mengeluh pada media sosial melalui status dan sejenisnya.

Sekarang coba pikirkan baik-baik, kemanakah keluhan itu harusnya dialamatkan jika kita adalah orang yang beriman? Semoga Allah mudahkan kita menjawab pertanyaan mudah ini dan semoga dibimbingNya untuk mudah melaksanakannya. Salam, AIM. [*]
#PencerahHati #Pencerah Hati #AhmadImamMawardi
BERITA TERKAIT
Berburu Cahaya dalam Kehidupan
Kerupuk Brunei dan Peneguhan Identitas
Ingin Tak Bosan Jalani Hidup? Ini Tipsnya
Mustajabnya Doa Rasulullah Muhammad
Demi Satu Meter Seperempat Manusia Bertarung
Belajar Kehidupan dari Pemilik Teori Matematika
Pahami Masalah Secara Utuh Sebelum Menanggapi

ke atas