MOZAIK

Selasa, 10 Oktober 2017 | 03:01 WIB

Seni Memperlakukan Orang Lain

KH Ahmad Imam Mawardi
Seni Memperlakukan Orang Lain
(Foto: Ilustrasi)


COBA baca dan renungkan nasehat guru kehidupan ini, tentang bagaimana cara terbaik kita memperlakukan orang lain. Ini termasuk dalam seni hidup yang tak banyak dipelajari di sekolah, walaupun mata pelajarannya bernama kesenian.

Guru kehidupan berkata: Selalulah perlakukan manusia atas dasar prinsip berikut: 1. Jika Anda tidak bisa memberikan manfaat padanya, minimal jangan membuatnya menderita; 2. Jika Anda tak mampu membahagiakan, minimal Anda jangan membuatnya sedih; 3. Jika Anda tak bisa memujinya, minimal Anda jangan menghinanya.


Kalau tiga prinsip tadi benar-benar diwujudkan, rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) benar-benar akan rukun, bukan hanya nama tapi fakta. Tiga hal di atas akan mudah dilaksanakan oleh mereka yang tulus, dan akan sulit dilakukan oleh mereka yang pola hubungannya didasarkan pada kepentingan dan kebutuhan tertentu.

Indahnya hidup jika kita bisa memandang manusia sebagai makhluk yang dicipta Khaliqnya dengan cinta. Pasti akan lahir rasa takut untuk membenci, menghina dan membuatnya menderita karena nyatanya mereka dicipta Tuhannya dengan maksud dan tujuan, bukan kesia-siaan. Salam, AIM. [*]

#PencerahHati #Pencerah Hati #AhmadImamMawardi
BERITA TERKAIT
Bersepakat dalam Gelap
Orang Bakhil, Tak Disuka Allah, Dibenci Manusia
Hanyalah Amal Baik Yang Tersisa
Perbedaan 'Bicara Dengan' dan 'Bicara Tentang'
Teka-teki Bukan Silang, Ada Saling Silang Pendapat
Apa yang Anda Perebutkan?
Bersyukurlah Maka Nikmat akan Semakin Semarak

ke atas